Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Tak Hanya Berjalan Lintas Kabupaten, 11 Kader Mu’allimin Peserta Gladi Tangguh Juga Adakan Bakti Sosial Semarak Iduladha 1445 H

Oleh Ahmad Tino

14 Juni 2024

Mu’allimin, Yogyakarta - Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta melaksanakan kegiatan ”Gladi Tangguh” selama 5 hari dan 4 malam, yakni pada tanggal 13 Juni 2024 sampai dengan 17 Juni 2024. Gladi Tangguh pada tahun ini mengangkat tema ”Siap Mengabdi, Semangat Berdedikasi” yang bermakna untuk selalu mendedikasikan diri dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Gladi Tangguh pada kesempatan ini diikuti oleh 11 peserta pilihan yang terdiri dari kader tingkat 3 hingga kader tingkat 5 setelah mengikuti pembekalan selama kurang lebih 1 bulan. Pada kegiatan pelepasan Ust. H. Aly Aulia, Lc, M.Hum. selaku direktur Madrasah Mu’allimin Muhhammadiyah Yogyakarta melepas para kader muda di lapangan tengah kampus Induk Madrasah Mu’allimin selaku pembina apel.

Dalam acara pelepasan para kader muda tersebut, Ust. H. Aly Aulia, Lc, M.Hum. selaku pembina apel menyampaikan pesan yang mengambil ibrah dari QS. Al – Baqarah ayat 30 yang disampaikan kepada para peserta yaitu ”Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. Pesan ini bertujuan untuk menjadikan rangkaian pengembaraan Gladi Tangguh sebagai perantara untuk mempelajari dan juga mengenal segala hal yang ada dimuka bumi ini  sebagai ’Khalifatul Ardh’ atau seorang pemimpin dimuka bumi.

Selain itu beliau juga menyampaikan bahwasannya ”terdapat jiwa pemenang di diri peserta sekalian”, pesan ini dimaksudkan karena para peserta telah berani untuk keluar dari zona nyamannya dan berani berbeda dari yang lain untuk mengambil langkah lebih awal untuk mengenal bumi dan seisinya serta mengabdi di masyarakat.

Kegiatan Gladi Tangguh merupakan bagian dari kegiatan khas Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Qobilah Ki Bagus Hadikusuma yang menjadi wadah untuk membentuk fisik, mental, dan juga karakter yang yang militan serta menjadi sarana pengembangan skill sosial kemasyarakatan dan ilmu kepanduan bagi kader yang mengikuti rangkaian kegiatan Gladi Tangguh Tahun 2024.

Gladi Tangguh pada tahun ini menjadi lebih spesial jika dibandingkan dengan rangkaian Gladi Tangguh 2 periode terakhir, karena pada rangkaian kegiatan ini peserta diberikan kesempatan untuk menjelajahi wilayah dan sejarah pasukan dan sosok Pangeran Diponegoro. Tentunya hal ini menjadikan hal baru bagi peserta untuk lebih mengenal sejarah seorang tokoh pahlawan nasional dan juga sosok pemimpin yang disegani oleh masyarakat dan juga para pengikutnya. Dengan agenda pengembaraan jelajah wilayah Pangeran Diponegoro diharapkan para peserta selaku kader muda dapat meneladani dan menjadikan beliau sebagai suri tauladan yang memiliki jiwa seorang pemimpin dan juga rasa cinta akan tanah air.

Selain menjelajahi wilayah Pangeran Dipenogoro sebagai bentuk pengamalan tema kegiatan Gladi Tangguh pada tahun ini yaitu ”Siap Mengabdi, Semangat Berdedikasi” para peserta Gladi Tangguh akan melakukan pengabdian masyarakat berupa kegiatan bakti sosial di Padukuhan Nganti di Kabupaten Kulon Progo. Bentuk pengabdian ini adalah dengan melakukan aksi sosial penyerahan baksos bagi saudara kita yang membutuhkan dan juga berkurban di momen suci Hari Raya Idul Adha.

Selama kegiatan para panitia telah menyiapkan segala bentuk kejutan dan juga keseruan yang akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi para peserta. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kelancaran dan juga kesehatan bagi para peserta dan juga panitia selama kegiatan berlangsung. Aamiin. (Muf)

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta