Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Mempelajari dan mengajarkan Al-Qur’an itu bagaikan usaha seseorang pengemis yang berkata pada pengemis lain dimana dia bisa mendapatkan makanan.

K.H. Ahmad Dahlan – Pendiri Muhammadiyah & Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta

Kelompok Mata Pelajaran


Kelompok mata pelajaran dibagi menjadi empat bagian berikut ini.

Kelompok Mapel Keislaman dan Keulamaan

Kelompok mata pelajaran keislaman dan keulamaan bertujuan untuk membentuk peserta didik sebagai calon ulama (ahli agama) dengan penguasaan pengetahuan, keahlian dan ketrampilan praktik ajaran Islam dan penguasaan pengetahuan, keahlian dan keterampilan praktek ajaran islam dan metodologi keilmuannya; yang selaras dengan faham Agama dan Manhaj Tarjih Muhammadiyah.

Pengetahuan Islam terangkum dalam bidang kajian Al-Quran (Tarjamah, Tafsir, Tahsin, Tajwid, Tahfid), Ilmu Tafsir, Hadits, Ilmu Hadist, Fikih, Ushul Fikih, Akidah, Akhlak (Tasawuf), Ilmu Kalam, Ilmu Falak Sejarah Kebudayaan Islam, dan Praktek Ibadah.

Kelompok Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni bertujuan mengembangkan logika, kemampuan berpikir dan analisis peserta didik yang sesuai dengan ajaran dan nilai Islam, membentuk karakter peserta didik yang memiliki rasa seni yang sesuai dengan ajaran Islam.

Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni terangkum dalam bidang Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Bilologi, Fisika, Kimia, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Sejarah, Sejarah Indonesia, Sosiologi, Geografi, Ekonomi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Kelompok mata pelajaran kepemimpinan dan kekaderan

Kelompok mata pelajaran kepemimpinan dan kekaderan ini bertujuan membentuk peserta didik menjadi calon-calon pemimpin yang

bertanggungjawab melangsungkan gerakan dan amal usaha persyarikatan di semua tingkatan, serta membentuk calon-calon pemimpin umat, bangsa, dan dunia.

Kelompok mata pelajaran ini terangkum penguasaan pengetahuan dan keterampilan Kemuhammadiyahan (ideologi gerakan dan mengelola organisasi), Kepemimpinan, Ilmu Pendidikan, Ke-IPM-an, Kepanduan Hizbul Wathan.

Kelompok mata pelajaran Kepribadian dan Kecakapan Hidup

Kelompok mata pelajaran Kepribadian dan Kecakapan Hidup bertujuan membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki kecakapan dalam hidup yaitu kecakapan dalam berdakwah, berkomunikasi, berorganisasi, berkolaborasi, dan manajemen diri.

Kelompok mata pelajaran ini terangkum dalam bidang Conversation, Muhadatsah, Ceramah, Muhadharah, Speech, Khutbah, Public Keterampilan Speaking, Tarjih dan Fatwa Kontemporer, Ilmu Komunikasi dan Managemen Dakwah (IKMD), Mubaligh Hijrah, Seni Budaya(Khot/Kaligrafi/Musik), Bimbingan Konseling, Managemen Diri, Kesehatan Diri, Prakarya, dan TIK.

Mu’allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2022/2023

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2022/2023 dibuka pada tanggal 11 September sampai dengan 4 November 2021.

© 2021 Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta

Open chat