Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Pegawai Mu’allimin Kembangkan Keterampilan di Bulan Ramadan 1445 Hijriyah

Oleh Ahmad Tino

30 Maret 2024

Mu’allimin, Yogyakarta – Peningkatan sumber daya insani yang dilakukan pada bulan Ramadan 1445 Hijiriyah di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta mendapatkan respon positif bagi pegawai (guru, karyawan dan musyrif) dengan antusias mengikuti beberapa pelatihan pengembangan keterampilan diluar bidang yang ditekuni.

Senin, (25/03) lebih dari 15 pegawai mengikuti pelatihan menyembelih hewan qurban yang menarik di ikuti karena merupakan bekal ilmu yang dapat berguna dalam kegiatan keagamaan dan kemasyarakatan. Bertempat di masjid jami’ Mu’allimin pelatihan menyembelih disampaikan secara langsung oleh Ust Agus Mianta SSi MPd (Wakil Direktur 2 bidang keuangan dan tata usaha Mu’allimin) yang merupakan salah satu jagal andalan Mu’allimin dalam menyembelih hewan qurban pada saat perayaan hari raya Idul Adha. Agus Mianta menyampaikan teori dasar dan bagaimana penggunaan pisau dalam menyembelih dan memotong hewan qurban.

Selain itu, tak kalah menariknya pada Selasa, (26/03) beberapa pegawai mengikuti pelatihan mencukur rambut, menjahit dan mengemudi kendaraan roda 4. Dengan pemaparan teori yang disampaikan oleh Yulfarianto (pegawai Mu’allimin) yang memilki kemampuan mencukur rambut dengan baik, para peserta diberikan kesempatan untuk Pratik secara langsung dengan model yang telah dipersiapkan untuk mengaplikasikan teori yang telah disampaikan sebelumnya.

Bergeser ke aula bawah Mu’allimin, beberapa karyawan catering yang beranggotakan ibu-ibu  dan guru Mu’allimin secara antusias mengikuti pelatihan menjahit yang disampaikan oleh Ust Samsu Widayat. Sebelum memulai praktik menjahit, selama satu sesi pada Selasa, (26/03) peserta diberikan pemaparan teori dasar tentang bagaimana proses menjahit dan jenis-jenis jarum dan benang jahit yang dimana agenda praktik menjahit dilaksanakan pada Rabu, (27/03) di aula bawah Mu’allimin.

Sementara itu, beberapa pegawai yang memiliki keinginan untuk bisa mengemudi kendaraan roda 4, berkumpul di kampus terpadu Sedayu yang memilki lahan besar untuk nyaman dan aman dalam rangka pelatihan menyetir kendaraan roda 4. Menggunakan kendaraan legendaris Mu’allimin “The Gladiator” dengan jenis mobil bak (pick up) dengan transmisi manual para peserta memulai pelatihan dengan pengenalan komponen kendaraan dilajutkan praktik mengemudi.

Kegiatan peningkatan mutu sumber daya insani Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta yang dilaksanakan pada pertengahan Ramadan 1445 Hijriyah masih berlangsung hingga Selasa, (02/04) yakni dengan pelatihan Peningkatan Komunikasi Global berbahasa Inggris dan Arab yang disampaikan oleh Ust Talqis Nurdianto Lc MA PhD yang merupakan Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta