Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

17 Guru Mu’allimin Ikuti Diseminasi Hibah Penelitian Tindakan Kelas Tahun Pelajaran 2023/2024

Oleh Ahmad Tino

30 Maret 2024

Mu’allimin, Yogyakarta – Dalam rangka menjaga kualitas dan mutu pendidikan di Madrasah, khususnya di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta maka guru harus terus mengkaji, membuat inovasi dan melakukan perubahan-perubahan dalam proses pembalajaran di kelas. Salah satu upaya dari sekian banyak alternatif pemecahan masalah yang dapat dilakukan guru adalah melakukan penelitian yang berkenaan dengan pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas. Oleh karena itu, Kepala Urusan Laboratorium dan Media Pembelajaran Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta merasa perlu mengadakan program Hibah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru-guru agar hasil penelitian guru tersebut dapat meningkatkan kualitas pembelajarannya di kelas.

Sebagai tahap akhir dari Penelitian Tindakan Kelas yang di laksanakan pada tahun ajaran 2023/2024, sebanyak 17 guru yang mengampu beberapa mata Pelajaran baik berasal dari MTs ataupun MA, mengikuti Diseminasi PTK yang di selenggarakan pada Sabtu, (23/03) di kampus induk Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta.

Sebelumnya, selama lebih dari 4 bulan peserta PTK telah melakasnakan penelitiannya secara mandiri dengan mengambil sampling pada beberapa moment yang berada di lingkungan Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta.

Turut hadir memberikan sambutan Diseminasi PTK, yakni Ust Solikhin MPd Wakil Direktur 1 bidang kurikulum Mu’allimin, dalam sambutannya Solikhin menyampaikan jika output dari hasil penelitian tindakan kelas mampu diterbitkan dalam bentuk jurnal sehingga hasilnya bisa bermanfaat bagi peneliti yang membutuhkan. “Kami harap, dari 17 ustadz yang berhasil mengerjakan PTK hingga diseminasi ini mampu menghasilkan jurnal-jurnal atau artikel ilmiah sebagai tambahan portofolio dan rujukan bagi asatidz yang akan melakukan penelitian selanjutnya” pungkas Solikhin.

Selanjutnya, para pendidik yang terdiri dari MGMP SOSHUM, PJOK, BK, MAFIKBTIK dan KEISLAMAN dibagi menjadi 3 tampat dari berbagai rumpun guna mempresentasikan hasil PTK dihadapan panelis yang berasal dari Dosen kampus ternama di Yogyakarta diantaranya Wahyu Setyaningrum SPd MEd PhD (Dosen Pendidikan Matematika UNY), Dr Anik Widiyastuti SPd MPd (Dosen Pendidikan IPS UNY), dan Dr Arif Rahman MPdl (Dosen Fakultas Agama Islam UAD / Dekan Fakultas Agama Islam UAD).

Sebagai apresiasi atas usaha dan kerja keras dalam penyusunan PTK, panitia hibah PTK Mu’allimin telah mempersiapkan apresiasi guna meningkatkan semangat dan memotivasi pendidik lain untuk turut serta ikut andil dalam program Hibah Penelitian Tindakan Kelas pada tahun selanjutnya.

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta