Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Santri Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta Laksanakan Mubaligh Hijrah di Batu

Oleh Ahmad Tino

28 Maret 2024

Mu’allimin, Batu- Santri Mu’allimin  Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta melaksanakan Mubaligh Hijrah (MH) di Kota Batu Jawa Timur, Selasa (27/3/2024).

Ketua Mubaligh Hijrah Muallimin-Muallimat di Batu, Bait Sang Surya el-Fath, menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan oleh santri kelas 4-6.

Mubaligh Hijrah dibagi dalam beberapa provinsi di Indonesia. Juga dilaksanakan di negara Malaysia, Taiwan, Jepang, Mesir, dan lainnya.

“Kami mengikuti Mubaligh Hijrah regional Jawa Timur. Seluruh peserta merupakan santri Muallimin -Muallimat dari Jawa Timur,” terang Bait Sang Surya.

Peserta MH dilaksanakan mandiri. Dikoordinasikan oleh peserta sendiri. “Mulai penentuan tempat, koordinasi dengan PDM yang ditempati, kegiatan yang dilaksanakan, sampai penggalian dana, semua diurus sendiri,” tambah Bait Sang Surya.

Untuk melaksanakan itu semua ada organisasi yang mengurus di tiap regional. Di  Jawa Timur disebut Ikatan Pelajar Muallimin-Muallimat Muhammadiyah Jawa Timur (IPMMMATIM).

Kegiatan ini diikuti oleh 30 santriwan dari kelas 5 MA Muallimin dan 20 santriwati dari kelas 4 dan 5 MA Muallimaat Muhammadiyah Yogyakarta.

Selama kurang lebih tiga pekan mereka dakwah di masyarakat. “Santriwan dan santriwati disebar di tiga titik Kota Batu. Di Kecamatan Junrejo, Batu, dan Bumiaji,” lanjut Bait Sang Surya.

“Santri belajar langsung kepada masyarakat. Ini memberikan pengalaman dakwah yang sebenarnya kepada para santri,” urai Bait Sang Surya.

Berbagai kegiatan dilakukan oleh IPMMMATIM selama mengikuti Mubalih Hijrah yang digelar pada 10 – 23 Maret 2024.

“Mereka ada yang membinaan TPA, tadarus al-Quran, membersihkan dan merapikan masjid, kultum, berpartisipasi dalam kegiatan Ramadhan di lingkungan masyarakat, dan sinau bareng,” tutur Bait Sang Surya.

Puncak kegiatan Gebyar Ramadhan yang dilaksanakan 24-28 Maret 2024. Gebyar ini meliputi Ramadhan ceria, bagi-bagi takjil, bakti sosial, buka bersama, dan tabligh akbar.

”Acara ini juga menjadi forum silaturrahmi bersama keluarga besar IPMMMATIM,” tambah Bait Sang Surya.

Khusus pelaksanaan Tabligh Akbar, IPMMMATIM menghadirkan Dr Sholihin Fanani, Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur.

Penulis : Ernam  

Editor : Sugeng Purwanto

Sumber : pwmu.co

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta