Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Selain Menjadi Imam di Masjid Besar Narathiwat Thailand, Kader Mubalig Hijrah Mu’allimin Juga Mengajar Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia

Oleh Ahmad Tino

19 Maret 2024

Mu'allimin, Narathiwat - Siswa Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta, Sultan Fatah Saifullah (kelas 5 IIK 2) mengisi Ramadhan 1445 H dengan menjalani kegiatan Mubaligh Hijrah di lingkungan masyarakat Narathiwat, pesisir Pantai Narathat, Thailand.

Selama 20 hari, Sultan biasa disapa, menjalankan tugas menjadi imam di Masjid Besar Narathiwat, menjadi guru pengajar Qiroati, Alquran, Bahasa Arab, Bahasa Indonesia di Maktab Al Bayan yang berlokasi di depan Masjid Besar Narathiwat. Setiap hari Sultan juga terlibat di dalam kegiatan Pemuda Narathiwat seperti sharing tentang kebangsaan, bahasa Indonesia Melayu dan budaya Indonesia.

Masjid Besar Narathiwat terletak di Bang Nak, District Mueang Narathiwat, Provinsi Narathiwat dibangun pada tahun 1981 merupakan pusat kegiatan masyarakat pesisir dan komunitas nelayan Desa tepi sungai Bang Nara.

Kegiatan Mubaligh Hijrah sehari-hari Sultan berada di Maktab Al Bayan, berlokasi di depan Masjid Narathiwat. Kegiatan seperti mengajar bahasa Arab, Qiroati, Alquran kepada anak-anak. Sultan juga berpartisipasi dalam kegiatan Pemuda Narathiwat dalam perbincangan tentang kebangsaan, kebudayaan Indonesia Melayu, serta turut serta dalam kegiatan masyarakat sekitar.

Sekretaris Maktab Al Bayan, Ustad Asree menyambut kedatangan siswa Mubaligh Hijrah dengan baik. Beliau berharap semoga dengan kehadiran siswa sanggup mewarnai kegiatan Ramadhan di Maktab Al Bayan secara khusus dan masyarakat Narathiwat secara umum. Dia akan belajar berinteraksi dalam pengembangan kompetensi sosialnya, dan akan bermanfaat bagi siswa tersebut, menjadi salah satu warga yang menyambung sejarah persaudaraan Islam Melayu di wilayah minoritas Islam Thailand ini. Semoga kegiatan ini berlanjut dan kami senantiasa rasakan.

Diaspora kader untuk kemanusiaan, umat bangsa dan persyarikatan. (Syafiqul Lathif)

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta