Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Atasi Kekurangan Mubalig Saat Bulan Ramadhan Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta Kirim Kader Mubalig Hijrah

Oleh Ahmad Tino

12 Maret 2024

Mu’allimin, Yogyakarta - Kegiatan MH (Mubalig Hijrah) yang dilaksanakan setiap Bulan Ramadhan oleh Madrasah Mu’allimin Yogyakarta dengan mengirimkan santri-santrinya ke berbagai daerah, dirasakan sangat bermanfaat oleh daerah dimana mereka diterjunkan, khususnya bagi masjid dan juga jamaahnya.

Santri-santri MH ini biasanya diterjunkan ke Cabang-Cabang yang kekurangan stok mubalig, sementara cabang itu memiliki banyak amal usaha seperti masjid dan mushola sehingga saat Bulan Ramadhan tiba, kebutuhan mubalig untuk mengisi kajian kultum tarawih dan menjelang buka puasa serta kuliah subuh yang berlangsung tiap hari tidak bisa dipenuhi oleh pimpinan cabangnya.

Untuk bisa mendatangkan santri MH tadi, PCM setempat biasanya harus mengajukan permohonan dulu ke Pimpinan Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta atau ke PCM-PCM yang selama ini sudah menjalin kerjasama yang baik dengan Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta.

Dari permohonan itu, pimpinan akan mengirimkan santri-santrinya dari kelas IV dan kelas V atau setingkat kelas X dan kelas XI SMA.

Pada Ramadhan 1445 H ini, PCM Sampang Daerah Cilacap Jawa Tengah kembali menerima lima santri MH dari Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta.

Tiga santri akan diperbantukan di masjid dan mushola binaan Muhammadiyah Sampang diantaranya Masjid Baiturrohman Sampang, Masjid Ash Shoff Pantimu Sampang, Masjid Nurulhuda PRM Sampang,  dan Masjid Imam Bukhori PRM Karangasem, Mushola Al Barokah PRM Sampang Tengah dan Mushola Baitul Mukmin PRM Sampang Timur.

Sementara itu, dua santri akan ditempatkan di PRM Cindaga Cabang Kebasen, Banyumas yang sebelumnya sudah mengirim permohonan santri MH dari Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta melalui PCM Sampang. (amin01)

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta