Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Darul Arqam Purna 2024;Kader Tingkat VI Mu’allimin Ikuti Proses Penempaan Akhir

Oleh Ahmad Tino

5 Maret 2024

Mu’allimin, Kulonprogo – Sebagai proses akhir perkaderan di jenjang Aliyah, 238 kader Tingkat V Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta mengikuti kegiatan Darul Arqam Purna yang diselenggarakan pada Jum’at-Senin (1-4 Maret 2024) di Wisma Dharmais Kulonprogo Yogyakarta.

Darul Arqam Purna 2024 ini digelar secara Hybrid dengan beberapa narasumber yang menyampaikan materinya dengan online. Turut hadir dalam kegiatan pembukaan Darul Arqam Purna, H Aly Aulia Lc MHum (Direktur Mu’allimin), Ridwan Furqoni MPI (BPH Mu’allimin Mu’allimaat) dan Zulkifli MPd (Wakil Direktur 3 Bidang Kesiswaan).

Dalam sambutannya, Direktur Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah menuturkan jika kegiatan Darul Arqam purna sebagai kegiatan yang akan memastikan kesiapan para kader berkaitan dengan peneguhan Ideologi keMuhammadiyahan dan Kebangsaan dalam menjalankan kehidupannya saat menjadi alumni. “Di dalam DA Purna ini, kita sama-sama pastikan bahwa yang akan lahir dari Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah adalah sosok-sosok kader pelangsung, penyempurna amanah persyarikatan, ummah, bangsa bahkan dunia” tukas Aly Aulia.

Menurut Direktur Mu’allimin Muhammadiyah, Darul Arqam Purna menjadi penting karena sebagai finishing touch “asy shibgah al aghirah” bagi kader Tingkat akhir di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta yang utamanya berkaitan dengan proses kekaderan dan proses kepemimpinan setelah melewati tantangan dan tempaat selama hampir 6 tahun.

Direktur Mu’allimin lulusan Al-Azhar itu menambahkan jika ketikutsertaan para kader dalam menjalani Darul Arqam Purna ini patut disyukuri, karena tidak semua siswa setingkat Aliyah di institusi Pendidikan lain dapat bertemu secara langsung bahkan mendapatkan pemateri yang berada di level PImpinan Pusat Muhammadiyah. “Hadirnya beliau, para Pimpinan Persyarikatan pada DA Purna 2024 juga sebagai upaya ingin menyampaikan kelangsungan perjuangan persyarikatan kita, maka tentunya kami berharap para kader terbaik dapat menjawab tanggung jawab dan mengambil peran aktif untuk bisa melangsungkan tanggung jawab itu” imbuh Aly Aulia.

Turut hadir pada Darul Arqam Purna 2024, pemateri-pemateri yang berasal dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah diantarnya Dr M Busyro Muqoddas MHum (Ketua PP Muhammadiyah), dr Agus Taufiqurrahman SpS MKes (Ketua PP Muhammadiyah), Dr Muhammad Ikhwan Ahada MA (Ketua PWM DIY), Dr Hamim Ilyas MAg (Wakil Ketua MTT PP Muhammadiyah), Dr Khoiruddin Bashori MSi (Ketua BPH Mu’allimin Mu’allimaat), Prof Dr Zuly Qodir, Dr Rita Pranawati SS MA (Bendahara PP ‘Aisyiyah), Bachtiar Dwi Kurniawan SFil MPA (Ketua MPK SDI PP Muhammadiyah), Nasrullah Larada SIP MSi (Ketua KABAMMMA) dan Ismail Fahmi PhD (Wakil Ketua MPI PP Muhammadiyah).

Pasca pembukaan, acara dilanjutkan oleh stadium generale yang disampaikan oleh Ridwa Furqoni MPI sebagai perwakilan dari Badan Pembina Harian Madrasah Mu’allimin Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Ridwan Furqoni mengapresiasi kepada seluruh kader Tingkat VI yang telah mampu melewati beberapa proses penempaan dimulai sejak menjadi kader Tingkat I hingga Tingkat VI pada tahun 2024 ini. “Kami ucapkan selamat kepada kalian yang merupakan kader-kader tangguh yang berhasil melewati proses penempaan kader selama 6 tahun, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menaruh harapan besar kepada kalian untuk berkiprah menjadi penggerak di persyarikatan” pungkas Ridwan Furqoni yang juga sebagai Alumni yang sukses menjadi ‘Ulama di Yogyakarta itu.

Tak hanya pemberian materi, kegiatan yang digelar selama 4 hari juga terdapat SGD, FGD, Kajian Ayat, Senam Pagi dan Outbond. Kegiatan Darul Arqam Purna akan kembali digelar di Tahun depan dengan tempat dan pemateri yang berbeda.

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta