Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

GURU FISIKA MA MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA MERAIH THE SCIENCE EDUCATION AWARD 2023 ITSF JAPAN

Oleh Ahmad Tino

21 Februari 2024

Mu’allimin, Jakarta - Membanggakan, salah satu Guru Fisika MA Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta mampu meraih The Sciene Education Award 2023 yang diselenggarakan oleh Indonesia Toray Science Fondation (ITSF) – Japan. Qodarulloh, Ust Arif Alfatah berhasil terpilih bersama 8 Guru Sains yang lain setelah bersaing dengan 94 Guru Sains seluruh Indonesia yang turut serta Program tahunan ITSF ini.

Upacara penghargaan dan presentasi dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 20 Pebruari 2024 bertempat di Hotel Mulia Senayan Jakarta. Ketua ITSF Dr. L.T. Handoko dalam sambutannya menjelaskan bahwa ITSF telah mengadakan beberapa program untuk mendukung para pendidik dan peneliti sains di Indonesia, dalam bentuk hibah penelitian dan penghargaan ilmiah. Pendaftaran terbuka untuk seluruh masyarakat Indonesia dan dilakukan secara transparan dan kompetitif oleh komite independen yang terdiri dari ilmuwan terkemuka di bidangnya. Hibah ini dimaksudkan untuk memotivasi dan mendukung para peneliti dan pendidik di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kemampuannya melalui kegiatan penelitian yang berkualitas.

Mata pelajaran sains sering menjadi pelajaran yang menakutkan (beban yang berat) bagi siswa-siswa di sekolah. Sains sering dianggap sebagai pelajaran sulit dengan sederet rumus yang mesti dihafal. Oleh karena itu, pendidikan dan pengajaran sains secara kreatif yang membangkitkan minat siswa serta memudahkan pemahaman siswa terhadap sains sangat diperlukan. Sayangnya, masih sangat sedikit guru yang melakukan hal tersebut. Karena itu ITSF memandang perlu untuk memberikan dorongan agar lebih banyak lagi guru yang berinovasi dalam pendidikan dan pengajaran sains di sekolahnya. Hal itu diwujudkan dengan pemberian Penghargaan Pendidikan Sains (Science Education Award).

Alhamdulillah atas ijin Alloh, Saya mengucapkan matursyukron kepada semua yang telah mendo’akan dan memberikan dukungan positif atas penghargaan ini. Semoga bermanfaat bagi semua dan memberikan semangat serta inspirasi kepada Guru Sains yang lainnya dimanapun berada dalam pengembangan inovasi media pembelajaran untuk kemajuan pendidikan sains di Indonesia”, ucap Ust. Arif Alfatah setelah penganugerahan.

Berikut daftar pemenang The Science Education Award 2023 ITSF; 

  1. Arif Alfatah, S.Pd.Si., M.Sc. (MA Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta)
  2. Eri Teguh Kurniawan Suyatna, S.Si. (SMPN 1 Ciasem)
  3. Erwin Saputra, S.Pd., Gr. (SMAN 1 Talang Ubi)
  4. Fika Normayasari, S.Si. (SMAN 1 Babadan Ponorogo)
  5. Fitriyuni Miralda Siregar, S.Pd. (MAS Pembangunan UIN Jakarta)
  6. Ira Ayu Lestari, M.Sc. (SMA Bukit Asam Tanjung Enim)
  7. John Elton Ngarbingan, S.Pd., Gr. (SMAN 5 Tual)
  8. Luh Murniasih, M.Pd. (SMAN 3 Malang)
  9. Tia Jannah Tertia, S.Pd. (SMP Laboratorium Percontohan UPI)

Saya ingin menyampaikan harapan baik dan ucapan selamat yang sebesar-besarnya kepada semua penerima penghargaan dan hibah penelitian. Saya berharap penghargaan dan pengakuan yang pantas ini dapat memotivasi Anda untuk mencapai tingkat kesuksesan yang lebih tinggi, sekaligus membantu Republik Indonesia dalam mencetak generasi ilmuwan berikutnya. Mohon lanjutkan upaya luar biasa Anda tahun depan”. kata penutup sambutan Shigeki Taniguchi selaku Wakil Presiden TORAY Industries Inc – Japan.

Oleh Arif Alfatah, S.Pd.Si., M.Sc

Jakarta - Senin Pon

Rabu Pon, 11 Sya’ban 1445 H – 21 Pebruari 2024 M

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta