Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

KUNJUNGAN ILMIAH MGMP MAFIKIBTIK MU’ALLLIMIN KE LABORATORIUM TERPADU FKIP UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

Oleh Ahmad Tino

27 Januari 2024

Mu’allimin, Yogyakarta - Alhamdulillah terlaksana dengan baik dan lancar kegiatan kunjungan ilmiah Guru - Laboran MGMP MAFIKIBTIK (Matematika, Fisika, Kimia, IPA, Biologi, dan TIK) Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta di Laboratorium Terpadu FKIP Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada hari Kamis tanggal 25 Januari 2024 waktu siang.

Pembukaan dimulai pada pukul 13.00 bertempat di Laboratorium Fisika Sekolah dan disambut langsung oleh Dekan FKIP UAD Bapak Muhammad Sayuti, Ph.D didampingi beberapa Kaprodi FKIP yaitu Bapak Dr. Puguh Wahyu Prasetyo (Kaprodi Pendidikan Matematika), Ibu Dr. Novi Febrianti (Kaprodi Pendidikan Biologi), dan Bapak Eko Nursulistyo, M.Pd (Kaprodi Pendidikan Fisika). Bapak Sayuti dalam sambutannya berharap; “Semoga kunjungan ilmiah ini memberikan kebaikan dan kemanfaatan bersama antara UAD dan Mu’allimin, terkhusus bagi para Guru bisa mengambil hal positif bagi pengembangan profesinya serta bisa mengabarkan berita baik sekaligus menarik tentang keberadaan jurusan Pendidikan Matematika, Biologi, dan Fisika UAD kepada orang lain selepas kegiatan kunjungan”.

Pemberian kenang-kenangan oleh Ketua MGMP MAFIKIBTIK Mu’allimin diterima langsung
oleh Dekan FKIP UAD didampingi Kaprodi Pendidikan Matematika, Biologi, dan Fisika.

Melalui pesan yang diamanahkan kepada ketua MGMP, Direktur Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta H. Aly Aulia, Lc, M.Hum berpesan;  “Semoga bisa dilakukan sinergi dan ada hal-hal yang bisa dikerjasamakan antara UAD dengan Mu’allimin, utamanya terkait dengan pengembangan kompetensi guru dan perkembangan hasil riset serta hal-hal lainnya di forum MGMP MAFIKIBTIK Mu’allimin”.

Mewakili rombongan, Arif Alfatah selaku ketua MGMP memberikan penjelasan dalam sambutannya bahwa kegiatan kunjungan ini bertujuan untuk pelaksanaan progam rutinan MGMP MAFIKIBTIK Mu’allimin serta memberikan tambahan  wawasan dan pengalaman terkait media pembelajaran pendidikan sehingga diharapkan bisa menginspirasi para Guru Matematika, Fisika, Kimia, IPA, Biologi, dan TIK Madrasah Mu’allimin untuk lebih semangat berkarya dan berinovasi dalam pendidikan maupun dalam pengajaran yang dilakukannya. Kegiatan diikuti oleh 24 Guru MA dan MTs MGMP MAFIKIBTIK Mu’allimin dengan rincian 9 Guru Matematika, 1 Guru Fisika, 2 Guru Kimia, 5 Guru IPA, 3 Guru Biologi, dan 1 Guru TIK, serta tidak ketinggalan 3 Laboran MIPA Mu’allimin turut serta meramaikan kegiatan kunjungan.

Guru rumpun Matematika dan TIK berfoto bersama dengan Kaprodi Pendidikan Matematika FKIP UAD

Rombongan dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu Guru Matematika - TIK melakukan kegiatan di Laboratorium Bengkel Media Pembelajaran Matematika didampingi langsung oleh Kaprodi Pendidikan Matematika dan beberapa Dosen serta Mahasiswa, sedangkan Guru Sains - Laboran melakukan kegiatan di Laboratorium Fisika dan Laboratorium Model Praktikum Biologi didampingi langsung oleh Kaprodi Pendidikan Fisika, Kaprodi Pendidikan Biologi beserta beberapa Dosen juga Mahasiswa.

Kegiatan berjalan lancar sesuai dengan waktu yang ditentukan dan semua peserta maupun tuan rumah penyelenggara terlihat larut dalam suasana kegembiraan. Dikumandangkannya adzan Ashar Masjid Islamic Center Ahmad Dahlan menjadi penanda berakhirnya kegiatan kunjungan dan penutupan dilaksanakan langsung di masing-masing Laboratorium kegiatan.

MGMP MAFIKIBTIK Mu’allimin mengucapkan sangat bersyukur berterimakasih banyak atas kesempatan yang diberikan serta sambutan hangat kekeluargaan dari FKIP UAD dalam kegiatan kunjungan ilmiah ini, semoga bermanfaat dan menjadi amal jariyah bagi civitas FKIP UAD. Matursyukron”, Ucap Arif Alfatah dalam sambutan penutupnya.

Oleh; Arif Alfatah, S.Pd.Si, M.Sc

Yogyakarta, Kamis Legi 14 Rajab 1445 H – 25 Januari 2024 M

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta