Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Menerjang Hujan dan Dingin, Kader Tingkat III Mu’allimin Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat Tapak Suci Unit 003 Mu’allimin

Oleh Ahmad Tino

22 Januari 2024

Mu’allimin, Yogyakarta - Tapak Suci Putera Muhammadiyah Unit 009, menggelar acara Ujian Kenaikan Tingkat bagi kader tingkat 3, pada hari Kamis-Jum’at(18-19/01/2024). Acara ini diadakan guna praktik kaderisasi santri Madrasah Mu’allimin yang diayomi oleh Tapak Suci Putera Muhammadiyah. Acara tersebut diikuti oleh para kader tingkat 3 Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, dan dibina oleh para pimpinan organtri Tapak Suci Unit 009.

Acara Ujian kenaikan tingkat ini meliputi ujian tertulis, ujian ragawi, dan juga long march sebagai bumbu pemanis dalam acara ini. Acara tersebut bertempat di Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta yang membuat long march dalam acara ini terasa lebih menantang bagi para peserta ujian kenaikan tingkat.

Mula-mula, agenda diawali dengan pembukaan yang dilaksanakan pada sore hari di Kampus Terpadu Sedayu dilanjutkan dengan ujian tertulis, kemudian sekitar jam 4 sore, para peserta diberangkatkan menuju SMK Muhammadiyah Kalibawang Kulonprogo untuk melaksanakan ujian ragawi, sesampai di lokasi para peserta pun istirahat terlebih dahulu kemudian ishoma, lalu melaksanakan ujian kedua yaitu ragawi. Beberapa kelompok memasuki ruang ujian yang sudah ditentukan lalu mempraktikkan jurus yang sudah diajarkan dan para penguji ujian kali ini adalah para pendekar dari Pimpinan Daerah 01 Tapak suci Yogyakarta.

Ujian Kenaikan Tingkat yang dipengurusi oleh Tapak Suci 009 ini dilanjutkan dengan long march. Long march ini direspon baik oleh para warga disana, tak sedikit penasaran dan sapaan muncul di tepi jalan. Long march setahun sekali ini kurang lebih berjarak 15 km, dimulai dari SMK Muhammadiyah Kalibawang, Kulon Progo dan berakhir di Kampus Terpadu Sedayu. Sesampai di Kampus Terpadu Sedayu para peserta pun beristirahat sejenak, dan pada pagi harinya  kegiatan UKT tersebut ditutup oleh panitia.

Oleh : Daffa Firasandy dan Dava Farrel

Editor : Bianveneida Madiva Khanza

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta