Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Siswa Kelas Internasional Muallimin ikuti International Immersion Program di Malaysia

Oleh Ahmad Tino

19 Januari 2024

Malaysia, 18 Oktober 2023, Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta selenggarakan Internasional Immersion Program dengan menggandeng salah satu sekolah Internasional di Malaysia, International Islamic School of Malaysia. Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih 2 pekan, sejak 15-28 Oktober 2023.

Pada kegiatan ini, sejumlah 56 siswa kelas Internasional di level Lower Secondary diikutsertakan untuk belajar berbagai macam hal tentang Malaysia, mulai dari Budaya, Karakter, Pendidikan serta kehidupan di lingkungan sekitar.

Tujuan diselenggarakan program ini adalah memberikan tambahan wawasan internasional kepada seluruh siswa kelas internasional melalui kegiatan kunjungan dan belajar langsung di Malaysia. Tempat pelaksanaan sendiri diselenggarakan di International Islamic School of Malaysia, salah satu sekolah internasional yang sama-sama menerapkan kurikulum internasional Cambridge. Selain itu, para siswa juga diharapkan mampu mengambil pengalaman belajar melalui lingkungan pembelajaran yang berbeda dengan yang biasanya mereka dapatkan di Muallimin. Dengan adanya pengalaman belajar ini, para siswa pun diharapkan mampu meningkatkan kualitas belajarnya setelah kembali ke Indonesia.

International Islamic School of Malaysia sendiri merupakan sekolah internasional yang berada di bawah naungan International Islamic University Malaysia(IIUM). Sekolah ini memiliki siswa yang banyak berasal dari luar negara Malaysia. CEO IISM sendiri mengatakan bahwa hanya 30 persen siswa yang berasal dari Malaysia, sedangkan 70 persen berasal dari luar negara malaysia. Hal inilah yang diharapkan mampu memberikan pengalaman lebih kepada para siswa kelas internasional untuk mencoba belajar bersama dengan siswa dari luar negeri.

Senada dengan yang diharapkan pada program ini, para siswa mendapatkan kesempatan untuk belajar di dalam kelas dan mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran di IISM. Para siswa pun akan bercengkerama dengan para siswa dari IISM secara penuh selama proses pembelajaran di sana yang kemudian diberi nama Sit-In activity

Selain mendapatkan kegiatan Sit-In untuk mendapat pengalaman belajar dengan para siswa IISM, siswa kelas internasional mendapat kesempatan untuk belajar bahasa inggris secara intensive yang diajar langsung oleh guru IISM dan mahasiswa dari IIUM. Hal ini memberikan pengalaman belajar bahasa inggris yang berbeda dengan sebelumnya.

Selama kegiatan Internasional Immersion di IISM, para siswa diajak untuk mengunjungi beberapa tempat terkenal di Malaysia sebagai bagian dari pengenalan budaya dan lingkungan di Malaysia. Para siswa diajak mengunjungi objek-objek wisata serta museum bersama pendamping dari IISM. Kegiatan tersebut diselenggarakan di akhir pekan ketika siswa IISM libur.

Terkesan dengan attitude dan kapasitas para siswa

Kelas internasional, CEO IISM memberikan penawaran menarik untuk Muallimin agar dapat mengirimkan siswanya untuk dapat belajar di IISM selama 1 semester. Menyambut ajakan baik ini, Direktur Madrasah Muallimin menyampaikan ketertarikannya dan akan menjadi opsi kerjasama alternatif selanjutnya agar siswa bisa belajar lebih lama lagi di IISM.

Kegiatan ditutup dengan pertunjukan pertukaram budaya dari Siswa Muallimin untuk IISM. Dalam acara tersebut, dilaksanakan pula penandatanganan MoU oleh Direktur Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta dengan IISM.

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta