Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Lawatan ke Malaysia, 30 Kader Mu’allimin Ikuti Kegiatan International English Camp di IIUM Malaysia-Singapore

Oleh Ahmad Tino

19 Januari 2024

Mu’allimin, Malaysia - Setelah sebelumnya sukses selenggarakan International Immersion Program di Malaysia, Madrasah Mu'allimin kembali gelar program internasional bertajuk English Camp yang diselenggarakan di negara yang sama, Malaysia. Program ini diselenggarakan di International Islamic University Malaysia (IIUM) dan diikuti oleh 30 siswa terpilih. Ke 30 siswa tersebut akan berada di Malaysia-Singapore selama kurang lebih 10 hari, terhitung sejak 18-28 Januari 2024.

English Camp ini merupakan agenda tahunan yang rutin diselenggarakan oleh Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta, bekerja sama dengan lembaga dan rekanan yang berada di Malaysia. Tujuan diselenggarakannya program adalah untuk memberikan pengalaman belajar bahasa inggris di luar negeri yang diharapkan mampu mengaktifkan skill produktif siswa, yaitu speaking, dengan praktek berbicara bahasa inggris langsung di Malaysia. Seperti kita ketahui, Bahasa Inggris merupakan bahasa kedua yang digunakan di Malaysia. Terlebih lagi di Singapore, dimana Bahasa Inggris banyak digunakan di kehidupan sehari-hari. Hal ini berbeda dengan Indonesia, dimana Bahasa Inggris masih digunakan sebagai bahasa asing. Oleh karena itu, English Camp Malaysia-Singapore ini diharapkan mampu memberikan pengalaman praktek berbicara bahasa inggris langsung di lapangan.

Direktur Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta, H. Aly Aulia, saat bertemu dengan para peserta menyampaikan bahwa oleh-oleh terbaik untuk madrasah dan orang tua adalah bagaimana ketika peserta kembali ke madrasah dan  ke rumah, bahasa inggris mereka sudah semakin lancar dan meningkat. Hal ini pun diiyakan oleh para siswa dan berjanji selepas kegiatan mereka akan berusaha untuk terus meningkatkan dan mempertahankan skill bahasa inggris mereka.

Kegiatan English Camp ini sendiri merupakan salah satu dari beberapa program internasional yang diinisiasi oleh Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Selain English Camp, Mu'allimin Yogya memiliki beberapa program internasional yang lain, seperti Math Camp, Scouting Camp, Arabic Camp (Mesir), Mubaligh Hijrah Internasional, serta International Immersion/Exchange. Harapannya, para siswa mendapatkan kesempatan untuk dapat mengembangkan potensi serta meningkatkan kapasitas diri untuk mampu membangun relasi internasional dan mampu bersaing secara global di masa yang akan datang.

Saat ini, Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta masih membuka kesempatan untuk para siswa sekolah dasar yang ingin mengikuti program-program di atas dengan mendaftarkan diri menjadi siswa Mu'allimin melalui portal ppdb.muallimin.sch.id atau bisa mengakses website www.muallimin.sch.id. (Her)

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta