Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Penampilan Musik Siswa Mu’allimin Meriahkan Acara Muhammadiyah Jogja Expo 3 Tahun 2023

Oleh Ahmad Tino

28 November 2023

Mu’allimin, Yogyakarta – Ahad, (26/11) sejumlah siswa Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah yang tergabung dalam Tim Musik Kolaborasi dari unsur seni Hadroh, Musik Tradisional dan Band Modern tampil perdana di acara Muhammadiyah Jogja Expo 3 yang di gelar di Jogja Expo Center. Lebih dari 15 siswa itu membawakan 2 lagu yakni Lir ilir dan Sang Surya.

Dengan alat musik yang unik, meski hanya membawakan 2 lagu, penampilan siswa Mu’allimin menarik perhatian banyak pengunjung di hari terakhir event expo Muhammadiyah terbesar se Yogyakarta itu.

Istiqlal dan Bimo yang merupakan pelatih kegiatan ekstrakulikuler musik menuturkan jika musik kolaborasi ini merupakan pilot project untuk ekstrakulikuler music di Mu’allimin, Istiqlal menyampaikan jika pertunjukan ini nantinya akan menjadi sebuah ciri khas yang menjadi branding band asal sekolah kader persyarikatan itu.

Penampilan siswa Mu’allimin juga dilirik oleh beberapa personil Band Kyai Kanjeng yang menjadi Band penutup pada kegiatan MJE 2023. Kyai Kanjeng sendiri merupakan grup musik yang didirikan oleh Cak Nun atau Emha Ainunnajib seorang Budayawan asal Yogyakarta yang kerap berdakwah melalui media musik dan kajian-kajian yang beliau adakan.

Salah satu personil kyai kanjeng menuturkan jika grup band asal Mu’allimin ini harus dikembangkan karena menurutnya dakwah di era saat ini sebagai seorang siswa yang berasal dari Muhammadiyah tidak melulu diatas mimbar, tapi juga berdakwah melalui media yang lain. “Sebagai seorang yang besar di lingkungan Muhammadiyah, kita tau bahwa Kyai Dahlan juga fasih memainkan biolanya sebagai media Dakwah, ini menarik di era kemajuan musik saat ini, siswa Mu’allimin Kembali mengulik musik-musik tradisional yang dipadukan dengan music modern yang menghasilkan karya yang luar biasa, Insya Allah jika bersedia kami membuka untuk sharing, dan kolaborasi dengan para siswa Mu’allimin ini” ujar salah satu gitaris Kyai Kanjeng.

Istiqlal menyampaikan jika penampilannya di MJE ini juga melatih mental para siswa, pasalnya tanggal 7 Desember 2023, mereka akan Kembali perfom pada acara puncak resepsi Milad 105 Tahun Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah.

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta