Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Oleh Ahmad Tino

12 November 2023

Mu’allimin, Sedayu - Pada hari Sabtu, 11 November 23 Madrasah Mu’allimin menyelenggarakan seleksi ujian masuk dengan skema tiga jalur yaitu melalui jalur PDKP (Peserta Didik Kader Perserikatan) dengan ujian seleksi CBT, Tes Wawancara Kader, dan Tes membaca Al Quran. Selanjutnya untuk Ujian Seleksi pada Kelas Internasional dengan tes CBT, tes Speaking, tes Writing, Tes membaca Al Quran dan wawancara dengan orang tua siswa. Ujian  Kelas Unggulan dilakukan dengan tes CBT dan membaca Al Quran. Secara umum materi tes yang diujikan adalah mengukur kemampuan berpikir peserta didik, meliputi kemampuan pemahaman dan penalaran peserta didik yang mencangkup kemampuan literasi (level 3) dan numerasi (level 3), ujian Bahasa Inggris meliputi Present Continous Tense, Past Tense, Comparison, have to, must, how many, how much, article a/an, dan Narrative Text, Ujian Bahasa Arab dengan materi kemampuan Bahasa Arab meliputi  ta’aruf, dhomir, isim isyaroh dan ama’ di kelas dam sekolah, ujian psikotes dengan memberikan sebuah gambaran menyeluruh tentang psikologi (kepribadian) peserta didik yang sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan dari sekolah, Tes membaca Al Quran untuk mengukur kemampuan calon peserta didik dalam membaca Iqro’ jilid 6, dan tes wawancara yang dikhususkan untuk jalur tes Beasiswa PDKP dan jalur tes kelas Internasional.

Kegiatan tersebut juga di hadiri oleh Wakil Direktur III bidang Kesiswaan yaitu Ustadz Zulkifli, M.Pd yang menjelaskan bahwa Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta merupakan sekolah kader yang akan mencetak kader Ulama, Pemimpin, dan Pendidik. Sehingga di Mu’allimin setiap nafas pendidikan, pengkaderan, ragam ilmu yang diajarkan dan karakter yang dibentuk akan mewujudkan Masyarakat Islam yang sebenar-benarnya yang berakidah Islam yang kuat, beramar ma’ruf nahi munkar, dan membawa misi Gerakan Muhammadiyah. Selama 6 tahun karakter peserta didik akan dibentuk dan dilatih sehingga menjadi kader yang paripurna. Dengan semangat beramal ilmiah dan berilmu amaliah maka harapanya kader-kader Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta akan menjadi insan cendikia yang berdaya guna dan berhasil guna bagi agama, bangsa, dan negaranya.

Dari data yang telah dirangkum oleh panitia PPDB Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta adalah yang mendaftar melalui jalur regular sejumah 242 siswa, melalui jalur Beasiswa Kader (PDKP)  sebanyak 10 siswa, melalui prestasi jalir akademik sebanyak 10 siswa, melalui prestasi Non-Akademik sebanyak 8 siswa, prestasi Tahfidzul Quran sebanyak 14, melalui jalr undangan sebanyak 15 siswa. Dari ragam jalur pendaftaran tersebut telah dikelompokkan menjadi dua yaitu masuk dalam Kelas Unggulan sebanyak 261 siswa dan melalui jalr kelas Internasional sebanyak 38 siswa. Sehingga total siswa yang mengikuti ujian seleksi masuk ke Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta sebanyak 299 siswa. Menurut penjelasan Ustadz Anang Faturahman, Lc menuturkan bahwa model kelas 1 secara umum dibagi menjadi dua yaitu model kekas unggulan yang bermakna kelas yang penyelenggaraan pendidikanya memadukan antara kurikulum nasional dan kurikulum Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah yang peserta didiknya dinyatakan lulus dan memenuhi ketentuan sebagai siswa kelas unggulan. Selanjutnya model kelas internasional adalah kelas yang penyelenggaraan pendidikan memadukan antara kurikulum nasional, kurikulum Cambridge dan kurikulum Madrasah Mu’allimin Muhammadyah yang peserta didiknya dinyatakan lulus dan memenuhi ketentuan sebagai siswa kelas internasional. Pengumuman hasil seleksi peserta didik baru akan disampaikan secara online pada tanggal 16 November 2023. (EkoPras)

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta