Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si Resmikan Mu’allimin Sport Center dengan Penendangan Bola

Oleh Ahmad Tino

12 November 2023

Mu’allimin, Sedayu – Pasca peletakan batu pertama Mu’allimin Sport Center pada Sabtu, 3 Juni 2023 oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. Haedar Nashir M.Si bersama Menteri Perhubungan Dr. (HC), Ir. Budi Karya Sumadi dan Menteri Koperasi Teten Masduki. Ahad, (12/11) Ketua Umum PP Muhammadiyah dan Menteri Perhubungan RI hadir kembali untuk meresmikan Mu’allimin Sport Center di Kompleks Kampus Terpadu Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah di Sedayu, Bantul.

Haedar Nashir dalam amanahnya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang berperan dalam proses pembangunan Mu’allimin Sport Center, termasuk kepada Menhub Budi Karya Sumadi. 

Selain lahan olah raga, Muhammadiyah dengan pemerintah juga bersinergi membangun beberapa gedung Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah.

“Pemerintah juga care dengan Muhammadiyah, bahwa pembangunan yang dilakukan oleh Muhammadiyah juga untuk bangsa,” pungkas Haedar.

Haedar mengungkapkan, sedekah jariyah untuk pembangunan lebih-lebih di bidang pendidikan tidak akan terputus amalnya. Kemanfaatan beramal di Muhammadiyah manfaatnya dirasakan tidak hanya bagi internal, tetapi untuk semua bangsa.

Sebagai madrasah tertua milik Persyarikatan Muhammadiyah, civitas academica Mu’allimin Muhammadiyah harus memiliki tradisi besar, bukan di tradisi lorong gelap sebagaimana yang disampaikan oleh Buya Syafii Maarif. 

Saat ini, selain Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, Pimpinan Pusat Muhammadiyah juga sedang mempercepat progres pembangunan kompleks Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. 

Sementara itu, Budi Karya mengungkapkan syukur atas selesainya pembangunan ini. Menteri yang pernah mengenyam pendidikan di Muhammadiyah ini berharap semangat berkemajuan Madrasah Mu’allimin bisa direplikasi di banyak daerah. 

Dia juga menyebut bahwa Muhammadiyah adalah konglomerat sosial terkaya di Indonesia. Profesionalitas, kata Budi Karya, yang mengantarkan Muhammadiyah bisa sampai sejauh ini. Maka kepada siapapun insan yang berkhidmat di Muhammadiyah, dan untuk para santri/pelajar harus bangga belajar di lembaga pendidikan Muhammadiyah.

“Apa yang kita lakukan ini semoga berguna, dan anak-anak semangat belajar,” ungkapnya.

Budi Karya juga mengaku bangga terhadap santri-santri Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Tidak berlebihan dia berharap santri bisa menjadi generasi yang berguna bagi bangsa dan negara di masa depan Indonesia.

Foto dari kanan, Haedar Nashir, Khoiruddin Bashori, Aly Aulia, Adi Hidayat, Musa Rajekshah dan Fathurrahman Kamal

Turut hadir membersamai kegiatan peresmian Mu’allimin Sport Center diantaranya Ustaz Dr. Adi Hidayat, Lc., M.A., Musa Rajekshah, S.Sos., M.Hum sebagai Wakil Gubernur Sumatera Utara, Ir Arief Rahman Hakim sebagai Sekretaris Menteri Koperasi dan Fathurrahman Kamal, Lc., M.S.I sebagai ketua majelis tabligh PP Muhammadiyah.

Secara simbolis, peresmian Mu’allimin Sport Center dilakukan dengan penendangan bola di lapangan mini soccer oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Menhub, Sekretaris Menkop, BPH dan Direktur Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta.

Pasca penendangan bola secara simbolis, Budi Karya Sumadi juga memberikan bantuan puluhan bola yang diterima siswa Mu’allimin Muhammadiyah secara simbolis agar kehadiran lapangan mini soccer ini dapat berfungsi dengan baik dengan bola yang sesuai dengan spesifikasi tertentu.

Tak hanya itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan 8 Beasiswa bagi siswa Mu’allimin yang berprestasi. Pihaknya menuturkan jika nantinya Beasiswa itu dapat bermanfaat bagi para siswa Mu’allimin. Budi Karya Sumadi juga berharap kedepan adanya kader atau siswa Mu’allimin yang masuk ke sekolah kedinasan dibawah Kementerian Perhubungan yang menurutnya siswa Mu’allimin telah memiliki representasi yang mencukupi diantaranya fasih berbahasa asing dan menjadi penghafal Qur’an.

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta