Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

PR IPM Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Kembali gelar PKTM 1 dengan tema : “Wujudkan Pelajar Berkualitas, Berintegritas”

Oleh Ahmad Tino

10 November 2023

Mu’allimin, Yogyakarta - Pelatihan Kader Taruna Melati 1 (PKTM 1) yang diselenggarakan oleh Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR IPM) Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta resmi dibuka pada Kamis (09/11/2023) di aula Bumi Perkemahan Kalakijo. PKTM 1 yang juga disiarkan melalui kanal Youtube MuinTv ini mengangkat tema “Kembangkan Nilai Integritas, Wujudkan Pelajar Berkualitas, Berintegritas”.

Mengawali sambutan pembukaan, Ipmawan Malik Muzakky selaku Ketua Acara mengucapkan rasa terima kasihnya kepada semua peserta yang berjumlah 296 orang yang sudah mau mengorbankan waktu liburnya untuk mengikuti PKTM 1 ini. Ia juga menerangkan bahwa PKTM 1 ini mengangkat tema “Kembangkan Nilai Integritas, Wujudkan Pelajar Berkualitas, Berintegritas” karena dianggap relevan dengan dinamika masa sekarang.

“Karena diharapkan berbagai pelatihan yang diberikan berupa materi adalah bentuk dari perwujudan tema yaitu sebuah prinsip untuk mengintegrasikan pandangan agar menjadi seorang yang berintegritas, yaitu seseorang yang teguh serta kokoh pendirian dan tak mudah dibawa pengaruh zaman.” ungkap Malik.

Ia juga mengajak seluruh peserta untuk mengikuti rangkaian acara dengan baik dan tertib serta jangan menyia-nyiakan kesempatan berharga ini.

Sementara itu, Ipmawan Faatih Fadhlurrohman selaku Ketua Umum PR IPM Mu’allimin periode 2023/2024 juga turut memberikan sambutannya. Ia menekankan bahwa seluruh kader Mu’allimin harus memiliki ideologi yang cukup meliputi ideologi Keislaman, Kemuhammadiyahan, dan Ke-IPM-an.

“Seluruh kader Mu’allimin apalagi kader tingkat 4 haruslah memiliki kecukupan dalam ideologi Keislaman, Kemuhammadiyahan, dan Ke-IPM-an. Kalau itu belum dirasa cukup, maka harus berusaha untuk mencapai rasa cukup itu,” ucap Faatih.

Ia juga berharap kepada semua peserta untuk tetap enjoy mengikuti PKTM 1 ini. “Kami sangat berharap kepada kalian semua untuk bisa tetap enjoy dan tetap bahagia mengikuti serangkaian acara ini,” harap Faatih.

Selanjutnya, Ustaz Aly Aulia Lc., M.Hum. selaku Direktur Madrasah Mu’allimin juga turut menambah kekhidmatan proses pembukaan PKTM 1 kali ini. Ia berpesan kepada para peserta untuk bisa menghadirkan raga, pikiran, dan hatinya dalam semua acara yang diikuti.

“Kami berharap semua peserta adalah kader yang kuat yang bisa menghadirkan raga, pikiran, dan hatinya dalam rangka menjawab tantangan di masa depan,” tutur Ustaz Aly.

Ia juga mengajak kepada peserta untuk memiliki kesadaran tentang tugas sebagai umat Islam. “PKTM 1 merupakan kesadaran awal bahwa kita punya tugas tidak semata-mata meyakini Islam sebagai agama dan ajaran, tetapi mengamalkan Islam sebagai agama dan ajaran”, ujarnya.

Di akhir sambutannya, Ustaz Aly berpesan untuk mengikuti PKTM 1 ini sebagai bekal di masa depan. “Lakukan dengan sebaik-baiknya, niatkan dengan setulus-tulusnya, Insyaallah ini akan menjadi bekal kalian di masa depan.” Pungkas Ustaz Aly.

Dipandu oleh Ipmawan Reza Alrifki selaku Master of Ceremony, Ustaz Aly secara resmi membuka PKTM 1 PR IPM Mu’allimin yang disaksikan oleh para partisipan. Selanjutnya, acara dilanjut dengan Keynote Speech oleh Dr. Ikhwan Ahada hingga azan maghrib berkumandang.

Sebagai informasi, acara PKTM 1 ini akan berlangsung selama 4 hari 3 malam dan seluruh peserta akan tidur di dalam tenda yang sudah disiapkan. Seluruh peserta akan merasakan sensasi kemah dan PKTM 1 yang pasti tidak akan pernah terlupakan. Pemilihan kemah juga bukan tanoa alasan, hal ini dikarenakan kader tingkat 4 belum pernah mengikuti kemah sejak tingkat 1, sehingga Madrasah-lah yang mengakomodir untuk menggabungkan kemah dan PKTM 1. (DanuRahman/Kweeknews)

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta