Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Pelatihan Kader Taruna Melati 1 PR IPM Mu’allimin Sukses Digelar dengan Konsep Camping Fun

Oleh Ahmad Tino

10 November 2023

Mu’allimin, Bantul – Bertempat di Bumi Perkemahan Kalakijo, Bantul, DIY, PR IPM Mu’allimin mengadakan acara Pelatihan Kader Taruna Melati 1 (PKTM) dengan tema “Kembangkan Nilai Integrasi, Membentuk Pelajar Berkualitas, Berintegritas”. Acara PKTM 1 ini berlangsung mulai dari Kamis-Ahad (9-12/11/2023).

PKTM 1 yang diadakan adalah proses pengkaderan dasar IPM menuju tahap pengkaderan yang lebih tinggi di IPM. Peserta yang mengikuti acara PKTM 1 kali ini ialah kader tingkat 4 Madrasah Mu’allimin yang berjumlah sebanyak 296 partisipan.

Dalam acara PKTM 1 ini, peserta akan mengkuti serangkaian materi yang berkualitas, dengan pemateri yang berkualitas pula. Diawali dengan Keynote Speech, dilanjut dengan materi Keislaman, Kemuhammadiyahan, Ke-IPM-an, Critical Thinking, Manajemen Organisasi, Keadilan Gender, dan diakhiri dengan Sarasehan Alumni.

Semua materi yang diberikan diisi oleh pemateri-pemateri terbaik dan pilihan dari panitia. Berikut nama-nama pemateri, mulai dari Dr. M. Ikhwan Ahada yang mengisi Keynote Speech, Keislaman oleh Shalahuddin Zuhri, Kemuhammadiyahan oleh Shidiq Wahyu Oktavianto, Ke-IPM-an oleh Naufal Labiba, Ahmad Hawari Jundullah, dan M. Yusril Alfikri, Critical Thinking oleh M. Yasir Abdad, Manajemen Organisasi oleh Aisyah A’yun, materi Keadilan Gender oleh Syahdara Anisa, dan Sarasehan Alumni bersama Ilham Zada.

Tak hanya mengikuti materi, peserta juga diajak untuk berdiskusi lewat Forum Group Discussion (FGD) dan Small Group Discussion (SGD) sebelum dan sesudah materi. Tak hanya berdiskusi, peserta juga diajak untuk mengikuti sesi debat dengan sesama peserta mengenai materi yang sudah disampaikan. Hal itu bertujuan untuk mengembangkan daya kritis peserta dan juga membangun prinsip dan integritas, sesuai dengan tema yang diangkat. Tak hanya itu, akan ada Rancangan Kerja Tindak Lanjut (RKTL) berupa esai tema kegiatan yang bersifat wajib dan tindakan langsung dari angkatan yang akan dilaporkan kepada panitia.

Semua kegiatan dilaksanakan di aula Bumi Perkemahan Kalakijo, dengan peserta yang akan beristirahat di dalam tenda yang sudah dipersiapkan. Ini akan menjadi sebuah pengalaman yang baru dan berbeda, karena acara ini menggabungkan kemah dan PKTM 1 dalam satu waktu. Hal ini dikarenakan kader tingkat 4 yang belum pernah mengikuti kemah sejak tingkat 1, maka PKTM 1 ini akan menjadi acara yang tak terlupakan. (Danu Rahman/Kweeknews)

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta