Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Peringati Hari Santri dan Memohon Hujan, Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Menggelar Shalat Istisqa’

Oleh Ahmad Tino

25 Oktober 2023

Mu’allimin, Yogyakarta - Madrasah Mu’allimin menggelar salat Istisqa pada Ahad (22/10/2023) tepat setelah upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2023 untuk memohon kepada Allah SWT agar segera diturunkan hujan mengingat cuaca panas dan kemarau yang sudah lama melanda wilayah Yogyakarta. Selain itu, salat Istisqa yang dilaksanakan di Masjid Jami’ di Kampus Induk dan Masjid Hajah Yuliana di Kampus Terpadu Mu’allimin ini selain diikhtiarkan untuk mengakhiri musim kemarau, sekaligus dilaksanakan dalam rangka Peringatan Hari Santri Nasional 2023 di Madrasah Mu’allimin.

Pelaksanaan salat Istisqa dihadiri oleh seluruh civitas akademika Madrasah Mu’allimin untuk sama-sama berikhtiar kepada Allah SWT sebagai seorang muslim.

Salat yang diikuti oleh ratusan jamaah dimulai dengan penjelasan singkat oleh  Ustaz Anang Fathurrahman Lc., yang bertindak selaku imam dan khatib di Masjid Jami’ Kampus Induk Mu’allimin. Dalam penjelasannya, Ustaz Anang menjelaskan secara singkat maksud dan tujuan dari diadakannya salat Istisqa. “Salat Istisqa kali ini merupakan wujud dari keimanan dan respon kita sebagai seorang muslim,” tutur Ustaz Anang. Tak lupa, beliau juga menjelaskan tata cara salat Istisqa sesuai dengan Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah.

Seusai salat Istisqa, tepatnya saat khutbah, Ustaz Anang yang juga merupakan guru dan pamong asrama 1 menegaskan beberapa hal agar umat manusia selalu bermuhasabah atas terjadinya perubahan cuaca saat ini.

Diingatkan kepada seluruh jamaah, bahwa sudah banyak nikmat Allah SWT yang diberikan kepada umat manusia, tetapi kita sering kali melakukan kezaliman kepada diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Hal itu menyebabkan Allah SWT enggan menurunkan hujan karena perbuatan buruk yang dilakukan oleh umat manusia.

Seluruh jamaah juga diingatkan untuk selalu memperbanyak istighfar dan memohon ampunan kepada Allah SWT dan selalu berdoa agar kemarau panjang ini segera diangkat oleh Allah SWT. Lalu khutbah diakhiri dengan Istighosah yang dipimpin langsung oleh Ustaz Anang selaku imam dan khatib.

Setelah rangkaian Salat Istisqa berakhir, seluruh santri kembali ke asrama masing-masing untuk mengikuti agenda selanjutnya yaitu kegiatan bebersih asrama. Kegiatan bebersih asrama ini juga akan diperlombakan dan akan diberikan hadiah menarik bagi para pemenang. (Kweeknews.com)

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta