Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Di Usia ke 105 Tahun, Mu’allimin Konsisten Mencari Kader ke Berbagai Daerah di Penjuru Nusantara

Oleh Ahmad Tino

13 Oktober 2023

Mu'allimin, Denpasar - Memasuki masa penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun pelajaran 2024/2025 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta, sekolah kader Muhammadiyah yang didirikan oleh K.H Ahmad Dahlan ini terus menggencarkan sosialisasi di berbagai sekolah dasar yang ada di Indonesia.

Jum'at-Ahad (12-15 Oktober 2023) panitia penerimaan peserta didik baru Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah berkesempatan mengunjungi pulau Dewata khususnya di Kota Denpasar untuk melakulan sosialisasi PPDB dan program-program unggulan yang dimiliki Mu'allimin. Sesuai dengan rangkaian kegiatan yang disampaikan panitia ppdb pada Kamis, (11/10) bahwa panitia ppdb akan mengunjungi SD Muhammadiyah 1, 2, 3, 4 Denpasar dan SD Muhammadiyah Tabanan. Untuk hari Jum'at, (13/10) tim roadshow PPDB Mu'allimin akan mengunjungi SD Muhammadiyah 1 dan SD Muhammadiyah 2 Denpasar sedangkan hari Sabtu, (14/10) dijadwalkan akan mengunjungi SD Muhammadiyah 3 Denpasar, SD Muhammadiyah 4 Denpasar dan SD Muhammadiyah Tabanan.

Awang Nakulanang M.Pd. pendidik sekaligus panitia utusan dari Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta menyampaikan jika Bali merupakan salah satu Daerah potensial dengan banyak calon kader muda yang memiliki keunggulan tersendiri. "Sebelumnya sudah banyak kader-kader dari Bali ini khususnya Alumni SD Muhammadiyah di Denpasar ini yang melanjutkan studinya di Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta, mungkin pertimbangannya kenapa Mu'allimin yang dipilih karna memang sekolah kader ini langsung berada di bawah naungan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Selain itu, pendiri langsung madrasah Mu'allimin adalah yang juga mendirikan Persyarikatan Muhammadiyah yakni Kiai Dahlan. Di sisi lain, Mu'allimin ini memiliki program-program menarik di antaranya program kelas internasional, kelas tahfizh dan program perkaderan" ujar Awang.

Foto Panitia PPDB bersama Wakil Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 2 Denpasar

Kunjungannya ke Pulau Bali tak hanya melakukan sosialisasi PPDB, namun Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan On The Spot Test yang rencananya akan diselenggarakan pada hari Ahad, (15/10) pagi di SD Muhammadiyah 2 Denpasar. Dengan membayar biaya registerasi Rp. 300.000 keuntungan yang di dapat calon siswa yakni dapat mengikuti tes ppdb dengan mudah tanpa harus melaksanakan tes di Yogyakarta.

Materi tes yang di ujikan meliputi Tes potensi akademik, Tes Numerasi, Tes Literasi, Psikotes dan Tes Baca Al-Qur'an. Sedangkan untuk kelas Internasional dan jalur PDKP ditambah dengan wawancara untuk orangtua dan calon siswa.

Sebagai sekolah yang telah menjalin "Muadalah" dengan Universitas Al Azhar Kairo Mesir dan menerapkan Kurikulum Cambridge pada kelas internasional. Mu'allimin juga memiliki program-program Internasional yang rutin diadakan sampai saat ini, adapun program tersebut meliputi Student Exchange, English Camp, Arabic Camp, Math Camp, Mubalig Hijrah Internasional, International Scouting Camp dan Edutrip yang semuanya dikemas dengan kegiatan-kegiatan yang gembira dan tentunya membawa misi persyarikatan di kancah Internasional. Baru saja pada akhir Agustus 2023 kelompok Hizbul Wathan Mu'allimin Muhammadiyah yang akrab dikenal sebagai Qabilah ki Bagus Hadikusuma berhasil memperoleh Gold Medal pada ajang International Scout Camp di Thailand. Hal ini menjadi perhatian khusus bagi Mu'allimin yang serius membentuk program-program International guna mempertahankan eksistensinya di usianya yang menginjak 105 Tahun ini.

Bagi seluruh warga muslim yang ada di Bali dan berkeinginan mewujudkan Putranya sebagai seorang kader sejati yang bermanfaat luas bagi keluarga dan masyarakat, jangan menunggu lama untuk mendaftarkan putranya ke Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah. Pendaftaran cukup mudah hanya dengan mengakses website milik kami di ppdb.muallimin.sch.id atau bisa hubungi narahubung Humas PPDB di nomor 087786111918 (Ust. Teguh), 082320072018 (Ust. Misbach) dan 082138002022 (Ust. Galang/Kelas Internasional).

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta