Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Tabligh Akbar dan Bakti Sosial Madrasah Mu’allimin di PRM JAGATSURO Sawangan : Membangun Kebersamaan, Menebar Kebermanfaatan

Oleh Ahmad Tino

1 Juli 2023

Magelang- Pada hari Rabu-Kamis (27-28/06/2023) Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta telanh mengadakan kegiatan Tabligh Akbar dan Bakti Sosial di daerah Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan sosial yang diadakan oleh Madrasah Mu’allimin yang sudah rutin dilaksanakan dari tahun ketahun. Kegiatan ini juga sebagai cara Madrasah Mu’allimin untuk membantu sesama dan menyambung tali silaturahmi antar saudara sesama muslim.

Pada hari Selasa (27/06/2023), setelah tiba di lokasi, kegiatan ini diawali dengan agenda lomba-lomba antar TPA di PRM Jagatsuro. Setelah melalui acara pembukaan yang berlokasi di Gedung Dakwah PRM Jagatsuro, para anak-anak TPA dengan antusias mengikuti perlombaan seperti lomba adzan, mewarnai, kaligrafi, MHQ, dan lomba hafalan doa sehari-hari. Terlihat jelas semangat anak-anak dalam mengikuti kegiatan lomba pada siang hari saat itu.

Di malam harinya, kegiatan dilanjut dengan acara Tabligh Akbar yang juga berlokasi di Gedung Dakwah PRM Jagatsuro. Setelah dibuka oleh pembawa acara yaitu M. Atho’ Azizi dan pembacaan kalam ilahi oleh M. Syarief Choirul Anwar, acara dilanjut dengan sambutan oleh Ketua PRM Jagatsuro yaitu Pak Riyanto, Ketua PDM Kab. Magelang Pak Nasiruddin, dan Direktur Madrasah Mu’allimin ustadz Aly Aulia, Lc, M.Hum yang sekaligus membuka acara tabligh akbar.

Dalam sambutannya, Pak Riyanto mengungkap bahwa kedatangan Madrasah Mu’allimin di PRM Jagatsuro disambut baik oleh warga sekitar, “Kami banyak berterima kasih terhadap Madrasah Mu’allimin karena sudah mengadakan kegiatan disini, Semoga kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar” ucap beliau.

Setelah resmi dibuka oleh ustadz Aly Aulia, acara dilanjut dengan penyerahan kenang-kenangan dari pihak Mu’allimin, dilanjut dengan penyerahan simbolis 1 ekor sapi, dan penyerahan paket sembako secara simbolis. Acara lalu dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba TPA dan penyerahan piala serta sertifikat oleh perwakilan organisasi santri Mu’allimin. Dengan total 15 pemenang, penyerahan piala dan sertifikat lomba diiringi oleh tepuk tangan dan wajah bahagia dari para pemenang.

Foto Tabligh Akbar yang disampaikan oleh ananda Wildan Mauzakawali Saptian, Kader Tingkat V Muallimin

Di tengah dinginnya malam Gedung Dakwah, tibalah di acara inti yaitu tausyiah yang dibawakan oleh Wildan Mauzakawali Saptian, kader tingkat 5 Mu’allimin yang sebentar lagi akan naik ke tingkat 6. Dalam tausyiahnya, Wildan banyak memberikan nasihat dan ceramah tentang Idul Adha. Tentang perjuangan Nabi Ibrahim dan juga Ismail yang diberikan ujian oleh Allah SWT. Tak hanya itu, Wildan juga menceritakan pengalamannya selama belajar di Madrasah Mu’allimin. Setelah rangkaian acara Tabligh Akbar selesai, acara ditutup dan para warga kembali ke kediaman masing-masing untuk beristirahat dan menyiapkan hari esok untuk salat Id.

Foto penyembelihan 1 ekor sapi oleh Ust Fikri Wildan S.Pd selaku Urusan Perkaderan dan Alumni

Keesokan harinya setelah salat Id berjamaah dengan ustadz Solikhin, M.Pd. sebagai imam dan khatib, acara bakti sosial dan penyembelihan hewan kurban 1 ekor sapi pun dilaksanakan. Dengan tenda yang sudah disiapkan, para santri Mu’allimin menawarkan pakaian layak pakai untuk dijual murah kepada masyarakat sekitar. Tak hanya itu, paket sembako murah juga diberikan kepada warga sekitar Desa Jati. Terlihat jelas wajah bahagia para warga yang mendapatkan pakaian murah, paket sembako murah, dan juga daging kurban pada hari itu.

Seluruh uang hasil penjualan pakaian layak pakai dan paket sembako murah disumbangkan kepada PRM Jagatsuro untuk pembangunan Gedung Dakwah. Harapannya Madrasah Mu’allimin dapat menjalin tali silaturahmi sekaligus memberikan bantuan kepada sesama warga muslim khususnya Muahmmadiyah sebagai hasil pengamalan surah Al-Maun. (LembagaPersMuallimin/DanuRahman)

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta