Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Madrasah Mu`allimin Muhammadiyah Yogyakarta Selenggarakan Uji Publik Kurikulum

Oleh Ahmad Tino

21 Juni 2023

MU`ALLIMIN YOGYA. Menyambut Tahun Ajaran 2023/2024, Madrasah Mu`allimin Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan Uji Publik Kurikulum di Aula Gedung Pusat Madrasah Mu`allimin Muhammadiyah Yogyakarta, Kamis, (21/6/2023). Uji Publik tersebut diikuti oleh seluruh guru dan pegawai, juga perwakilan peserta didik dan dihadiri oleh Kepala Seski Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Yogyakarta H. Nadhif, S.Ag., M.S.I., dan Pengawas Madrasah Kota Yogyakarta, Ibu Murtinah. S.Pd., M.A .

Dalam sambutanya, Ibu Murtinah. S.Pd., M.A menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim kurikulum yang telah menyelesaikan kurikulum Madrasah, kurikulum Mu`adalah dan kurikulum Merdeka. Beliau menyampaikan pembelajaran tahun 2023/2024 sudah dipersiapkan oleh tim kurikulum dan sudah diuji publikan. Sebelum di uji publik sudah diadakan review kurikulum oleh tim yang melibatkan guru dan pengawas Madrasah Kota Yogyakarta, Ibu Hj. Murtinah. S.Pd., M.A dan Dr Agung Wijaya Subiantoro. M.Pd,  sebagai tenaga ahli.

Ibu Murtinah melanjutkan bahwa pada tahun pelajaran 2022/2023 telah banyak siswa Mu`allimin diterima di berbagai perguruan tinggi. Harapannya kedepan siswa-siswa Madrasah Mu`allimin dapat menerapkan kebiasaan yang sudah di lakukan di Madrasah sehingga menjadi siswa yang hebat dan dapat menjadi pemimpin masa depan.

Kemudian Kepala Madrasah Mu`allimin Muhammadiyah Yogyakarta, H. Aly Ayulia.Lc., M. Hum., saat memberikan sambutan mengucapkan terima kasih kepada tim pengembang kurikulum atas jerih payah meluangkan waktu, pemikiran, dan tenaga sehingga KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) dan KOM (Kurikulum Operasional Madrasah) Madrasah Mu`allimin Muhammadiyah Yogyakarta dapat diuji publik. “Selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Bapak H. Nadhif,S.Ag., M.S.I.,  dan Ibu Hj. Murtinah. S.Pd., M.A. Diharapkan untuk memberikan saran, pemikiran, dan kritik terhadap KTSP/KOM untuk  Madrasah Mu`allimin Muhammadiyah Yogyakarta,” ungkapnya.

Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta H. Nadhif,S.Ag., M.S.I dalam rangka menanggapi Uji Publik Kurikulum Tahun Pelajaran 2023/2024, memberikan apresiasi dan terimakasih MTs dan MA Muallimin yang sudah memfasilitasi uji publik kurikulum diawal tahun pelajaran, dan Muallimin merupakan madrasah di kota yogyakarta yang pertama kali uji publik kurikulum tahun pelajaran 2023/2024.

Catatan dokumen kurikulum Nadhif menyampaikan bahwa landasan regulasi sudah sesuai yaitu Kemendiknas dan Kementerian Agama. Kedua Nadhif berterimakasih karena ada Kurikulum yang  diintegrasikan dengan program unggulan Kementerian Agama yaitu Moderasi Beragama. Lebih lanjut Nadhif menyampaikan agar dimunculkan pula Strategi dan implementasinya moderasi beragama di madrasah ( Penguatan Pemahaman, Mekanisme Pelembagaan).  Ketiga, Nadhif mengharap ada regulasi yang dihasilkan seperti Surat Edaran  Kemendikpora yang menyebutkan agar pendidikan moderasi beragama di sekolah sudah dimuali sejak masa orientasi. Keempat Penguatan kader menjadi branding, maka menurut Nadhif lebih bagus lagi out putnya agar alumni dapat menjawab kebutuhan masyarakat.

Selanjutnya Murtinah menambahkan tanggapan terkait kurikulum yang di sampaikan oleh H Aly Aulia Lc., M. Hum, poin-poin agar sesuai dengan kebutuhan penilaian guru di madrasah tersebut. Dilakukan pula penandatanganan dokumen uji publik kurikulum.

Di awal pemaparanya, Direktur Mu`allimin  menyampaikan bahwa kurikulum Mu`allimin diawali dengan evaluasi pelaksanaan dan ketercapaian kurikulum pada Tahun Ajaran 2022/2023, dilanjutkan proses penyusunan dan materi Kurikulum Madrasah Mu`allimin Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024 adalah gabungan kurikulum nasional - Pesantren - Perkaderan, dengan mengintegrasikan kurikulum internasional yaitu kurikulum Cambridge dan kurikulum mu'adalah. (YuSi)

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta