Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

3 Kader Anak Panah Mu’allimin Di Lesatkan Ke Sumpur Kudus Sumatera Barat dalam Kegiatan Mubalig Hijrah Ramadhan 1444 H

Oleh Ahmad Tino

16 Maret 2023

Mu'allimin Yogyakarta - Kamis, (16/3) menjadi saksi perjalanan bersejarah bagi ketiga anak panah Mu'allimin yang kembali dilesatkan ke tanah kelahiran Buya Syafii Maarif (Sumpur Kudus Sumatera Barat) dalam rangka Mubalig Hijrah Ramadhan 1444 H.

Zahrul Anam Malilang (kader tingkat IV), Sayca Ar Radhi (Kader tingkat V), dan Nazhmi Hanzalah (Kader tingkat V) merupakan kader terpilih sebagai para mubalig yang akan terjun secara langsung di masyarakat guna membaktikan dirinya sebagai kader pendidik, pemimpin, dan ‘ulama yang akan menyampaikan Syiar Islam Rahmatan Lil Alamin di Sumpur Kudus, Sumatera Barat.

Sumpur Kudus merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Sijunjung yang memiliki sebelas nagari. Sebelas nagari ini terbagi menjadi dua, 5 nagari di atas dan enam nagari dibawah. Jarak Sumpur Kudus dengan ibu kota kabupaten tergolong jauh. Dari nagari Sumpur Kudus yang berada di atas untuk menuju ke ibu kota kabupaten memerlukan waktu kurang lebih 90 menit. Sedangkan untuk menuju ibu kota kecamatan paling cepat di tempuh selama 45 menit. Menuju Sumpur Kudus pun tergol ong tidak mudah, harus melewati hutan agar sampai Nagari ini. Mungkin nagari ini bisa termasuk dari nagari pedalaman di Sumatera Barat.

Kedatangan ketiga kader Mu’allimin ini tidak hanya melakukan kunjungan semata, melainkan ketiaga anak panah tersebut akan menjalankan Mubalig Hijrah dengan agenda yakni bertugas sebagai Imam & khatib dalam shalat tarawih, memimpin tadarus Al-Qur’an ba’da shalat, mengajar Tahsin & Tahfidz Al-Qur’an serta menyelenggarakan Pesantren Ramadhan yang dikemas secara menarik. Selama kurang lebih 20 hari di Sumpur Kudus ketiga kader tersebut di damping secara langsung oleh Alumni yang juga merupakan kader anak panah yang hampir 4 Tahun mengabdikan dirinya di tanah kelahiran Buya Syafii Maarif yakni Sidiq Oktaviano. Selain itu sebagai pendamping ketiga Kader tersebut, Ustaz Azwar Anas Lc juga memonitoring setiap kegiatan melalui sistem yang telah dirancang oleh Mu’allimin. Nantinya seluruh kegiatan para kader akan dilaporkan melalui portal system Ramadhan sehingga proses dan bukti fisik kegitan mampu terdokumentasi dengan baik.

Sebelum kebarangkatan, ketiga kader anak panah berkesempatan mendapatkan motivasi dan suntikan semangat oleh Direktur Mu’allimin pada Kamis (16/3) pagi. Ustaz H Aly Aulia Lc MHum menyampaikan rasa bangganya kepada ketiga kader pada kloter pertama yang akan melaksanakan kegiatan Mubalig Hijrah Ramadhan 1444 H di tanah Sumatera. “Syukur Alhamdulillah, ini merupakan kesempatan yang berharga yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, kami turut bangga bisa memberangkatkan para kader ke tanah kelahiran Buya Syafii” pungkas Aly.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Mu’allimin juga berpesan kepada tiga anak panah yang akan berangkat ke Sumpur Kudus jika nantinya jangan menyianyiakan kesempatan berharga ini, “Perlu di ingat, perjalanan ke Sumpur Kudus ini tidak mudah, kami atau para ustaz yang lain mungkin belum pernah lawatan ke sana, akan tetapi kalian beruntung bisa secara langsung kesana dengan tujuan  mulia dan ingat bahwa kalian adalah representasi dari Muallimin dan Muhammadiyah bahkan Buya-buya muda” imbuh Aly.

Secara langsung Direktur Mu’allimin melepas ketiga kader di halaman depan Kampus Induk Mu’allimin dengan disaksikan beberapa ustaz dan wali santri. Ketiga kader merupakan kloter pertama yang berangkat dalam kegiatan Mubalig Hijrah, nantinya secara resmi Madrasah akan melepas seluruh kader tingkat IV dan V secara seremonial dengan upacara pelepasan kader Mubalig Hijrah pada Senin, (20/3) mendatang.

Selanjutnya ketiga kader akan melaksanakan perjalanan darat menggunakan moda transportasi umum (Bus) selama 3 hari dari terminal Jombor Sleman Yogyakarta menuju Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat.

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta