Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Lawatan ke Indonesia, Delegasi Negeri Perlis Malaysia Isi Tabligh Akbar di Kampus Terpadu Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah

Oleh Ahmad Tino

3 Maret 2023

Mu’allimin Sedayu – Dalam rangka Seminar Serantau Tajdid ke-2, Ahli Jawatankuasa Fatwa Negri Perlis Sampena Malaysia berkunjung ke kampus terpadu Mu’allimin yang berada di Wilayah Sedayu Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kunjungan Delegasi Perlis Malaysia merupakan kunjungan pertama kalinya ke Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Dalam lawatannya ke Indonesia, khusunya di Yogyakarta rombongan Delegasi Perlis Malaysia selain berkunjung ke Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah juga akan berkegiatan di beberapa AUM yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta diantaranya UAD, UMY, PUTM, Mu’allimin dan Mu’allimaat.

Diantara kegiatan Seminar Serantau Tajdid ke-2, beberapa tokoh asal Negeri Jiran Malaysia tersebut juga berkesempatan mengisi Tabligh Akbar yang diadakan di Masjid Islamic Center UAD, Masjid KH Ahmad Dahlan UMY, Masjid Gedhe Kauman, Masjid Hajah Yuliana Mu’allimin dan Mu’allimaat.

Mengusung tema “Peran Generasi Muda Menjawab Tantangan Zaman” Tabligh Akbar yang diadakan di Masjid Hajah Yuliana Kampus Terpadu Mu’allimin Muhammadiyah dibawakan langsung oleh Delegasi Perlis Malaysia yakni Dr. Lukman Bin Mat Sin, yang merupakan Timbalan Dekan Fakulti Al-Quran Dan Sunnah (FQS) Kolej Universiti Islam Perlis (KUIPs) dan Dr Kamilin Jamilin yang merupakan Ahli Majlis Fatwa Wilayah Persekutuan dan Perlis termuda.

Tabligh Akbar yang dihadiri lebih dari 1500 Jamaah dibuka oleh Direktur Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, Ust. H. Aly Aulia, Lc., M.Hum. Beliau menyampaikan bahwa untuk menjadi generasi terbaik harus memiliki kekuatan dalam berperan di zamannya. Pemuda sebagai bagian penting dalam perubahan-perubahan yang ada. Selanjutnya, Tabligh Akbar yang disampaikan oleh Dr. Kamilin Jamilin tentang pentingnya menjadi pribadi yang terus berkembang dalam keilmuan dan ketakwaan. Kemuliaan seorang manusia didasarkan pada ketakwaan kepada Alloh. Disampaikan juga bahwa dalam menuntut ilmu, perihnya akan dirasakan seperti berjihad yang tentunya akan mengorbankan berbagai hal yang dicintainya. Akan tetapi, ketika berhasil dalam menuntut ilmu akan menjadikan dirinya menjadi pemuda terbaik dalam Islam. Untuk itu pemuda harus terus berkontribusi dalam berbagai lini kehidupan tanpa memandang latar belakang pribadi akan tetapi melihat dari segi ketaqwaan kepada Allah.

Foto Pemateri 1, Dr Kamilin Jamilin

Nasihat dilanjutkan oleh Dr. Lukman Bin Mat Sin menuturkan bahwa para pemuda itu memiliki ciri ada kekuatan pada fisik, kehendak, tujuan (cita-citanya). Kemudian pemuda itu juga harus beriman dengan mengenal Tuhannya dan memahami al-qur`an untuk Bmunumbuhkan keimanan kepada Allah SWT. Beliau juga menekankan pada para siswa pentingnya membaca Al-qur`an setiap hari untuk menambah keimanan. Keimanan perlu dianyam sedikit demi sedikit dan bukan sekedar tempelan.

Foto Pemateri ke 2, Dr Lukman Bin Matsin

Lawatan delegasi serumpun dari Malaysia dimaksudkan sebagai bagian ajang silaturahim antar dua bangsa dalam mempererat ukhuwah Islamiyah dan saling berbagi ilmu. Lawatan delegasi ini akan dilanjutkan ke berbagai perguruan tinggi dan lembaga pendidikan Muhammadiyah.

Selain Tabligh Akbar, rombongan Mufti Negri Perlis Malaysia dijadwalkan akan Kembali sambangi Kampus Terpadu Mu’allimin pada hari terkahir kunjungannya ke Yogyakarta yakni pada Sabtu, (4/3) mendatang.

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta