Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Mu’allimin Kembali Gelar Kegiatan Perkaderan di Alam Terbuka

Oleh Ahmad Tino

6 Februari 2023

Mu'allimin Yogyakarta - Setelah terhenti selama 3 tahun, kegiatan kemah prestasi hizbul wathan, ujian kenaikan tingkat tapak suci dan pelatihan kader taruna melati 1 ikatan pelajar muhammadiyah kembali digelar di awal Februari 2023 yakni tanggal 2-5 Februari 2023.

Terpadat 2 lokasi kegiatan yakni di Bumi Perkemahan Kepurun Manisrenggo Klaten Jawa Tengah untuk kegiatan kemah prestasi dan UKT tapak suci, sedangkan kegiatan PKTM 1 diselenggarakan di Wisma Dharmais Pengasih Kulonprogo.

Kegiatan perkaderan yang diselenggarakan secara serentak itu di ikuti oleh kader tingkat 1,2 (HW dan TS) dan kader tingkat 4 (PKTM). Menariknya kader tingkat 5 yang tergabung dalam pengurus organisasi santri/ortom HW, TS dan IPM juga bertugas sebagai panitia dari kegiatan-kegiatan tersebut.

Direktur Mu'allimin Ust H Aly Aulia Lc MHum yang secara langsung hadir dan membuka kegiatan alam tersebut disambut lebih dari 600 kader yang memadati Bumi Perkemahan Kepurun, sedangkan kegiatan PKTM yang berada di Wisma Dharmais dibuka secara langsung oleh Wakil Direktur 3 Bidang Kesiswaan, Ust Zulkifli Mahmud, MPdI dan Ust Abduh Zulfikar S.Pt sebagai Alumni yang menjadi Enterpreneur turut hadir sebagai Keynote Speaker dalam pembukaan Pelatihan Kader Taruna Melati 1.

Foto Pembukaan Kegiatan PKTM 1

Dalam sambutannya dalam kegiatan PKTM 1, Ust Zulkifli menyampaikan jika setiap tahunnya kegiatan pengkaderan IPM ini diadakan di luar madrasah, namun akibat pandemi beberapa tahun yang lalu sempat tertunda dan hanya bisa di selenggarakan di lingkup internal madrasah. "PKTM 1 yang kita adakan ini levelnya sudah lebih tinggi karna yang dihadirkan sebagai pemateri disini langsung dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Alumni-alumni Kader Terbaik Mu'allimin, oleh karna itu beruntunglah kalian para kader dan perlu di ingat bahwa kalian harus bersungguh-sungguh dan semangat dalam menjalankan kegiatan perkaderan ini" tandas Wadir 3 Mu'allimin tersebut.

Foto pemberian cindramata dari panitia PKTM 1 kepada Ilham Butsiyanto atau lebih dikenal sebagai Ilham zada (jurnalis nasional)

Turut hadir secara langsung pemateri-pemateri pelatihan kader taruna melati 1 di antaranya yakni : Erik Tauvani Somae (Founder Anakpanah.id), Hatib Rahmawan (Dosen UAD), Laila Hanifa (Ipmawati), Nabhan Mudrik Alyaum (CEO IbTimes.id), Ipmawan Zaidan, Fajrus Shodiq (Alumni Mu’allimin), Syahrul Ramadhan (Aktivis Muhammadiyah), Kholida Anisa, dan Mohammad Ilham Butsiyanto (Jurnalis Nasional).

Foto kegiatan pengarahan yang dilakukan oleh Panitia DEP HW Mu'allimin

Bergeser ke Bumi Perkemahan kepurun, kegiatan kemah prestasi dan ujian kenaikan tingkat tapak suci berjalan sesuai rundown yang telah di tetapkan oleh panitia, meskipun pada Kamis (2/2) hujan mengguyur di Daerah Kepurun cukup deras. Para kader tingkat 1 yang mengikuti kegiaitan kemah prestasi diberikan materi-materi dan pembekalan cara bertahan di alam serta cara bagaimana menghadapi binatang-binatang buas. Seperti yang diihat dari postingan Instgram story @depmuin meski kegiatan digelar di alam terbuka sebagai santri Madarasah Mu’allimin, anak-anak juga tidak melupakan jati dirinya sebagai kader ulama yakni tetap menjalankan proses mengaji di waktu-waktu yang sudah di atur oleh panitia.

Foto Pengarahan panitia UKT kepada seluruh peserta

Kegiatan ujian kenaikan pangkat tapak suci yang digelar satu lokasi dengan kemah prestasi usai lebih dulu dikarenakan santri yang tergabung dalam tapak suci unit 009 itu akan menjalani longmarch dari kampus induk mu’allimin yang berada di Jl S Parman 68 Wirobrajan menuju ke kampus terpadu yang berada di Bandot Lor Argorejo Sedayu Bantul Yogyakarta. Perjalanan longmarch diperkirakan membutuhkan waktu lebih dari 7 jam melewati jalanan pinggiran kota dan melewati kemantren Gamping.

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta