Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Mu’allimin Resmi Menjadi Cambridge Educational Partner

Oleh Ahmad Tino

3 Agustus 2022

Mu’allimin Yogyakarta -Bertempat di ruang kelas Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan oleh Direktur Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, H.Aly Aulia, Lc., M. Hum dengan Country Manager of Cambridge University Press and Assessment, Yusuf Seto Pangarsa Wibowo pada hari Jum`at, 29 Juli 2022. Turut hadir pula dan menyaksikan penandatanganan MoU ini antara lain  Dr. Mami Hajaroh, M.Pd. dan Amika Wardana, S.Sos.,M.A.,Ph.D. (Perwakilan BPH Mu’allimin-Mu’allimaat), Solihin, M.Pd, Heryan Adikusuma, M.Pd.

Dalam sambutanya, H.Aly Aulia Lc., M.Hum menyampaikan harapannya agar kerjasama ini dapat memberikan manfaat secara luas bagi seluruh Civitas Akademika di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Selain itu, H.Aly Aulia, Lc., M. Hum pun berharap agar kerjasama ini dapat meningkatkan mutu pendidikan di madrasah dalam rangka internasionalisasi Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta di abad ke-dua nya ini.

Dalam lawatannya ke Yogyakarta ini, Country Manager Cambridge University Press and Assessment, Yusuf Seto Pangarsa Wibowo pun menyampaikan rasa bahagianya di sela-sela acara. Ia menjelaskan bahwa kerjasama yang baik antara Muallimin dan Cambridge University Press Educational partner ini akan dapat membuka jalan bagi madrasah untuk tetap on the right track untuk Go Internasional melalui program-program pendukung yang nantinya akan diberikan oleh Cambridge University  bagi para guru maupun siswa. Ia pun menyampaikan bahwa dengan model pendidikan enam tahun yang diterapkan di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta ini, akan semakin mudah bagi madrasah Mu’allimin untuk mengikuti Cambridge Pathway seperti yang diharapkan semua pihak.

Saat ini, Madrasah Mu’allimin sendiri telah memiliki kelas Internasional yang menerapkan Kurikulum Cambridge pada level Lower Secondary dengan jumlah sebanyak 3 kelas, dan Upper Secondary sebanyak 2 kelas dengn total siswa sebanyak 95 siswa dari kedua level tersebut.

Kelas Internasional ini memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mendapatkan pengalaman belajar bertaraf internasional dengan berbagai program yang akan mendukung para siswa untuk mendapatkan kesempatan lebih banyak dalam mendapatkan wawasan serta jejaring internasional, khususnya lagi bagi siswa yang ingin melanjutkan studi di luar negeri nantinya.

Selain penandatanganan MoU, Country Manager Cambridge University Press and Assessment ini pun turut memberikan orientasi kepada seluruh siswa kelas Internasional. Ia memberikan motivasi kepada seluruh siswa agar terus berada pada level terbaiknya dengan terus meningkatkan Life skill dan soft skill . Beliau menyampaikan, Life skill adalah kemampuan psiko-sosial yang membantu kita beradaptasi dan bertahan menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari yang terus berubah. Sedangkan soft skill sering disebut keterampilan berhubungan dengan orang atau kecerdasan emosional, merujuk pada kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain. 

Selain itu, rombongan dari Cambridge pun memberikan pelatihan bagi guru internasional  pada subject Maths and Science dengan harapan peningkatan tenaga pendidik di madrasah ini sangat perlu dilakukan agar sesuai dengan kriteria pendidik di Kurikulum Cambridge.

Program Kelas Internasional ini juga dibuka kembali pada PPDB tahun 2023/2024 mendatang. Upaya Madrasah Mu’allimin Muhamadiyah Yogyakarta terus melakukan terobosan untuk melintas batas dan berdiaspora di seluruh penjuru dunia untuk melepas kader serta anak panahnya. Kualitas Pendidikan sebagai sekolah kader Muhammadiyah terus ditingkatkan untuk melalui berbagai program. Secara beruntun. Program Muadalah telah terjalin Kerjasama antara Madrasah Mu’allimin Muhamamdiyah Yogyakarta dengan Universitas Al Azhar Mesir dan saat ini telah terjalin juga kerjasama dengan Cambridge University. Kerjasama dengan kedua universitas ini semakin memperlancar studi lanjut siswa Mu’allimin Muhamamdiyah Yogyakarta. (Humas News/YS)

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2022/2023

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2022/2023 Gelombang 2 dibuka pada tanggal 15 November sampai dengan 03 Februari 2022.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta