Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

100-an Santri Madrasah Mu’allimin Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Ikuti Mubaligh Hijrah di Karanganyar

Oleh Ahmad Tino

4 April 2022

KARANGANYAR – Seratusan santri dari Madrasah Mu’allimin dan Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta mengikuti program Mubaligh Hijrah dan Pesantren Kilat, yang diadakan di wilayah Karanganyar.

Selama 21 hari, mereka disebar ke empat kecamatan yakni Tasikmadu, Karanganyar, Matesih dan Jumantono, untuk berbaur dengan masyarakat dan melakukan dakwah, mulai dari mengisi ceramah, kultum dan kajian, hingga menjalankan kegiatan sosial.

Pembukaan dan penyerahan peserta kegiatan yang dilaksanakan oleh Asosiasi Mu’allimin Mu’allimat Klaten, Semarang dan sekitarnya itu dilaksanakan Sabtu (2/4) di Gedung Dakwah Muhammadiyah (GDM) Karanganyar.

Secara simbolis, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Karanganyar Muh Samsuri menyerahkan peci-sarung dan mukena kepada perwakilan peserta, sebagai tanda dimulainya kegiatan.

Ketua Panitia Wahib Dzaky Shidqul ‘Aziz mengatakan, kegiatan Mubaligh Hijrah diikuti kader tingkat IV dan V, sebagai ajang latihan sebagai kader pemimpin, ulama, pendidik dan mubaligh.

“Sebagai persiapan untuk berdiaspora dengan masyarakat, dengan harapan membawa manfaat bagi umat,” katanya.

Ketua PDM Karanganyar Muh Samsuri berpesan, agar peserta kegiatan bisa beradaptasi dengan kondisi di lapangan. “Tidak boleh mengeluh, tidak boleh patah semangat, jangan manja,” tegasnya.

Dikatakannya, peserta Mubaligh Hijrah harus meniru semangat anak-anak muda yang mendukung perjuangan dan dakwah Rasulullah SAW.

“Dulu, ketika Rasulullah SAW hijrah dari Mekah ke Madinah, anak-anak muda pada zaman itu ikut membantu, dengan segala risikonya. Semangat kaum muda dalam membantu perjuangan Rasulullah SAW itu, harus menjadi spirit dalam menjalankan kegiatan Mubaligh Hijrah ini,” tandasnya.

Dia menambahkan, banyak panggung yang bisa dijadikan ajang latihan, untuk melatih kemampuan diri. Seperti mengisi kultum, kajian Ahad pagi, pengajian, maupun kegiatan sosial seperti membina kegiatan TPQ, dan sebagainya.

“Latihan tampil itu perlu. Salah tidak apa-apa. Tidak bagus nggak apa-apa. Namanya masih belajar. Namun diberi kesempatan untuk tampil. Pokoke kendel sik, sambil menyiapkan materi yang akan disampaikan,” imbuhnya. (Irfan Salafudin/Heru Susilo-suaramerdeka-solo.com)

Sumber : https://solo.suaramerdeka.com/solo-raya/pr-053126784/100-an-santri-madrasah-muallimin-muallimat-muhammadiyah-yogyakarta-ikuti-mubaligh-hijrah-di-karanganyar?page=2

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2022/2023

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2022/2023 Gelombang 2 dibuka pada tanggal 15 November sampai dengan 03 Februari 2022.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta