Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Peserta Mubaligh Hijrah 1443 H Madrasah Mu’allimin Mu’allimat Yogyakarta Lakukan Kegiatan Di Kabupaten Banjar

Oleh Ahmad Tino

2 April 2022

Mu’allimin – Pengurus Organisasi Daerah Konsulat Kalimantan Independen Mu’allimin Mu’allimaat (KONSKAIMM) Muhammadiyah Yogyakarta  mengadakan kegiatan Mubaligh Hijrah 1443 Hijriyah di Kabupaten Banjar dengan tema Barataan Samupakat, Ramadhan Babarakat.

Kegiatan ini dilaksanak selama 20 hari dimulai dari tanggal 2 April 2022 sampai dengan tanggal 22 April 2022. Pembukaan kegiatan ini sekaligus pelepasan peserta kegiatan Mubaligh Hijrah dilaksanakan pada awal Ramadhan bagi organisasi Muhammadiyah, Sabtu (2/3/2022) di Panti Asuhan Muhammadiyah Martapura.

Pembukaan kegiatan dan pelepasan kegiatan di dihadiri oleh Pembina Mubaligh Hijrah 1443 Hijriyah Kabupaten Banjar Mim Fadhli Robbi, Pimpinan Cabang Pengurus Muhammadiyah Kabupaten Banjar Hasbi Rivani, Pimpinan Cabang Pengurus Aisyiyah Kabupaten Banjar Hj Nadiah Khalid dan juga dihadiri oleh santri Madrasah Mu’allimin Mu’allimaat.

Kegiatan ini diikuti oleh 22 orang dari berbagai daerah yakni dari Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah dan Yogyakarta yang akan dilakukan di beberapa anak cabang Muhammadiyah di Kabupaten Banjar untuk santri yakni di Karang intan, Biih, Sungai Alang, Mandiangin, Tiwingan dan untuk santriwati yakni panti asuhan Muhammadiyah Martapura dan SD Akhlak Indrasari Martapura.

Peserta yang ikut dalam kegiatan Mubaligh Hijrah 1443 Hijriyah Kabupaten Banjar yang diadakan oleh Konsulat Kalimantan Selatan Independen Madrasah Mu’allimin Mu’allimaat Yogyakarta yang masih duduk di kelas X dan kelas XI Pelajar dari Mu’allimin dan Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta.

Seperti yang disampaikan oleh Muhammad Rafif Abqory bahwa kegiatan Mubaligh Hijrah ini sebagai perwujudan visi misi madrasah mu’allimin Muhammadiyah untuk menyelenggarakan dan membangun pendidikan kader Muhammadiyah guna membangun kompetensi dan keunggulan siswa di bidang organisasi dan perjuangan Muhammadiyah.

“Adapun bentuk kegiatan Mubaligh Hijrah Ramadhan 1443 H Kabupaten Banjar adalah Mu’adzin pada shalat lima waktu. Menjadi Imam pada pelaksanaan shalat lima waktu berjamaah.Kultum atau kajian singkat sehabis pelaksanaan shalat Subuh berjamaah setelah pelaksanaan tarawih berjamaah,” ungkapnya

“Selain itu juga tadarus al-Qur’an sehabis pelaksanaan shalat Tarawih berjamaah. Khutbah Jum’at, Pembinaan Taman Pendidikan Qur’an (TPA/TPQ), termasuk pengadaan kegiatan TPA/TPQ bagi Langgar ataupun Masjid yang belum melaksanakan kegiatan tersebut,” tambahnya

Ia juga menjelaskan juga kegiatan Pengadaan Selebaran Tanya Jawab Agama seminggu dua kali. Perlombaan bagi anak-anak sekitaran Langgar/Masjid. Tabligh Akbar. Festival Pelajar Banjar (Perlombaan bagi pelajar) dan Kumpul/Majelis dengan Ibu-Ibu/Remaja Masjid.

Muhammad Rafif Abqory menjelaskan bahwa adapun tujuan kegiatan Mubaligh Hijrah Ramadhan 1443 Hijriah adalah untuk merawat ukhuwah islamiyah dan insaniyah serta rasa ta’awun terhadap masyarakat itu sendiri sebagai perwujudan ajaran al-Qur’an terhadap kemanusiaan universal.

Selain itu juga untuk meneguhkan nilai-nilai keislaman dan kemuhammadiyahan kepada masyarakat setempat sebagai realisasi pesan al-Qur’an yakni, “Tafaqquh fi ad-Diin”. Membangun dan mengasah kembali corak-corak keislaman sedari dini kepada anak anak setempat sebagai bekal substansial mereka dalam mengayomi kehidupan nantinya.

Kegiatan ini juga untuk membangun jiwa unggul, kompetitif, dan jujur kepada pelajar-pelajar di Kalimantan Selatan. Mendorong sekaligus memotivasi pemuda-pemudi di daerah minim Muhammadiyah agar tidak lelah berjuang untuk kemajuan persyarikatan. Memberikan pengalaman dan mendorong pengamalan nilai islam kepada siswa, Madrasah Mu’allimin-Mu’allimaat Muhammadiyah, yang dalam hal ini akan mengabdikan dirinya kepada masyarakat.

Kegiatan tersebut resmi dilepas oleh Pengurus Cabang Muhammadiyah Kabupaten Banjar Hasbi Rivani dan disaksikan oleh peserta kegiatan Mubaligh Hijrah 1443 Hijriah dan juga orang tua peserta serat dari pengurus anak cabang Muhammadiyah tempat peserta untuk melakukan kegiatan Mubaligh Hijrah.

Nama nama peserta Mubaligh Hijrah 1443 Hijtlriyah Kabupaten Banjar Madrasah Mu’allimin dan Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta adalah Muhammad Abudzar, kelas XI IPA 2 dari Paser, Kalimantan Timur. Alejandro Daudy dari kelas XI IPS 2 dari Samarinda, Kalimantan Timur. Muhammad Tegar Jauhar K kelas XI IPS 2 dari Bontang, Kalimantan Timur, Naufal Aflah kelas XI IPS 2 dari Singkawang, Kalimantan Barat. Azmi Hanief Zeinadin XI IIK dari Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

Faris Zakiy Ramadhan kelas XI IIK dari Pangkal Pinang, Bangka Belitung. Muhammad Rafif Abqory kelas XI IIK Dati Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Imam Haramain Fayruz kelas X IPA I dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Ahmad Rafa Ziyadatullah U kelas X IPA 2 dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Muhammad Dhifa kelas X IPA 4 dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Muhammad Abdan Syakur kelas X IPA 4 dari Paser, Kalimantan Timur. Muhammad Atho Azizi dari X IPS 1 dari Banjar, Kalimantan Selatan. Rafa Rayhan kelas X IPS 2 dari Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Saiful Mufid Musthofa kelas XIIK 2 dari Bantul, DI Yogyakarta. Nazwa Rachmadina Hakiim kelas XI IPA 1 dari Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Zulfa Ridhayana kelas XI IPA 1 dari Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Kalila Apta Diany S kelas XI IPA 2 dari Paser, Kalimantan Timur, Salsabila Fathifalah kelas IPS 1 dari Katingan, Kalimantan Tengah. Fikriyah Azizah kelas XI IIK dari Paser, Kalimantan Timur. Nasywa Arianti X IPA I dari Tanjung Selor, Kalimantan Utara. Dini Sekar Arum Wulandari kelas X IPS 1 dari Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Fikrah Ulya Rasman kelas X IPS 1 dari Samarinda, Kalimantan Timur. (Aninuddin Azzukhairy/Redaksi8)

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2022/2023

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2022/2023 Gelombang 2 dibuka pada tanggal 15 November sampai dengan 03 Februari 2022.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta