Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

MADRASAH MU’ALLIMIN RESMI MENJADI THE DUKE OF EDINBURGH INTERNATIONAL AWARD INDONESIA CENTER

Oleh Ahmad Tino

19 Januari 2022

Mu’allimin Yogyakarta – Selasa, 18 Januari 2022 telah dilangsungkan kerjasama antara Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta yang ditandatangani oleh Ustadz H. Aly Aulia, Lc.,M.Hum selaku Direktur Madrasah Mu’allimin dengan PT. DOE INTAWARD INDONESIA yang ditandatangani oleh Ibu Aurina Setyawati selaku National Direktur untuk penyelenggraan The Duke of Edinburgh Intertanional Award Indonesia. Dengan penandatanganan kedua belah pihak, menandakan bahwa Madrasah Mu’allimin dapat menjadi pusat dalam pengada’an penghargaan internasional yang dibawah pengawasan langsung The Duke of Edinburgh yang berpusat di United Kingdom. Penghargaan The Duke of Edinburgh International Award adalah kerangka pendidikan dan pembelajaran Non Formal untuk para pemuda yang diakui secara global, untuk membantu pemuda dalam menemukan passion, purpose, and place (peran) di dunia saat ini. Program bergengsi berskala internasional ini, dikemas dengan berbagai aktivitas yang menantang dan menyenangkan yang dapat diikuti oleh para pemuda dengan rentang usia 14 – 24 tahun.

MOU PT DOE INTAWARD INDONESIA dengan Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta

Terdapat 10 prinsip utama dalam The Duke of Edinburgh International Award yaitu individual, achievable, development, inspiration, progressive, non competitive, voluntary, balanced, persistence, and enjoyable. Program ini diikuti oleh 130 negara di dunia dengan peserta sekitar 1,3 juta pemuda yang terlibat dari berbagai negara. Setiap hari terdapat 1.800 pemuda yang mendaftarkan diri dan semenjak tahun 1956 hingga sekarang, program ini telah membantu jutaan pemuda merasakan perubahan yang positif. Kegiatan award secara umum terbagi menjadi tingkat Bronze, Silver, dan Gold. Untuk program Bronze dapat dicapai sekitar 6 bulan, untuk Silver dicapai dengan 6 bulan, dan untuk Gold maka dapat dicapai hingga 12 bulan apabila secara berkelanjutan. Namun apabila ingin dilakukan secara langsung Silver maka dicapai 12 bulan 6 bulanya 1 kegiatan pilihan diantara 3 kegiatan rutin. Selanjutnya, apabila ingin langsung mencapai Gold atau direct tanpa melalui Silver maka dapat dicapai selama 18 bulan dengan 6 bulanya 1 kegiatan mingguan. Kesemuanya mencangkup kegiatan yang bersifat Voluntery Service, Physichal Recreation, Skills, Anventorius Journey, and Recidental Project. Kegiatan ini, juga mencangkup Top 10 Skills 2025 yaitu Analytical thinking and innovation, Active learning and learning strategies, Complex problem-solving, Critical thinking and analysis, Creativity, riginality and initiative, Leadership and social influence, technology use, monitoring and control, Technology design and programming, Resilience, stress tolerance and flexibility, and Reasoning, problem-solving and ideation.

Kunjungan Perwakilan DOEII Intaward Indonesia

Alhamdulillah pada hari Ahad, 30 Januari 2022 telah dilakukan pertemuan terbatas antara Licence Holder yaitu Ustadz H. Aly Aulia,Lc.,M.Hum dengan National Directur The Duke of Edinburgh International Award di Aula Madrasah Mu”allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Kegiatan ini menandai kerjasama yang signifikan antara kedua belah pihak agar terwujud program award yang berkualitas. Selanjutnya kegiatan ini juga disaksikan oleh para Award Leader yang akan memandu kegiatan Voluntery Service, Skills, Physical Recreation, Adventureous Journey, dan Recidental Project di Madrasah dengan lebih persistance. Dan pada awal bulan Februari kegiatan ini juga telah di sosialisasikan bersama dengan seluruh orang tua atau wali siswa kelas 1 s/d kelas 5. Semoga dengan adanya program The Duke of Efinburgh akan mampu mewujudkan kader Ulama,Pendidik, dan Pemimpin di masa depam yang lebih gemilang dan profesional.

Program The Duke of Edinburgh International Award melibatkan pengawasan langsung oleh para guru (asatidzah) Madrasah Mu’allimin yang menjabat sebagai Licence Holder, Award Co’ordinator, Award Leader, AJ Supervisor dan Activity Assecor. Dengan bimbingan para leader yang terkoneksi dengan ORB (Online Record Book) yang dimiliki oleh aplikasi yang terdapat pada siswa, maka program kegiatan dapat berlangsung secara terpantau, terukur, dan transparan. Sertifikat penghargaan yang dikeluarkan oleh The Duke of Edinburgh International Award sangat bermanfaat bagi para awardee untuk melanjutkan pendidikan di tingkat atas baik yang diselenggrakan di Perguruan Tinggi dalam negeri maupun Perguruan Tinggi luar negeri terlebih bagi negara-negara di Eropa.

(HumasNews)

#sekolahkader

#muhammadiyah

#pendidikan

#sekolahmenengah

#madrasah

#internationalboardingschool

Instagram: mualliminjogja
Youtube: muallimin jogja

Facebook : muallimin muhammadiyah yogyakarta
Fanspage: Muallimin Muallimaat Jogja

Website : https://muallimin.sch.id/

Info PPDB : ppdbmuallimin.sch.id

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2022/2023

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2022/2023 Gelombang 2 dibuka pada tanggal 15 November sampai dengan 03 Februari 2022.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta