Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Studium Generale Karya Tulis Ilmiah dan Karya Penelitian Hadits (SG KTI-KPH) Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Pelajaran 2021/2022

Oleh Ahmad Tino

15 Januari 2022

Mu’allimin Yogyakarta – Semangat Kritis dan Aktif sangat terasa pada hari Kamis (13/1). Pada hari tersebut santri-santri tingkat V (lima) dari semua jurusan (MIA-IIS-IIK) mengikuti acara Studium Generale Karya Tulis Ilmiah dan Karya Penelitian Hadits (SG KTI-KPH) Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Pelajaran 2021/2022. SG KTI-KPH tersebut bertujuan untuk memberikan pembekalan awal sebelum semua santri tingkat V melakukan penyusunan KTI dan KPH. KTI untuk santri dari jurusan MIA dan IIS, serta KPH untuk santri jurusan IIK. Santri-santri yang akan melakukan penyusunan KTI dan KPH sebanyak 189 santri yang terbagi menjadi 95 kelompok.

Direktur Madrasah Mu’allimin yang hadir langsung, berpesan dan memberikan suntikan semangat dan motivasi kepada seluruh peserta agar semangat keilmuan dari setiap peserta bisa memecahkan masalah yang ada disekitarnya, berkonstribusi membangun lingkungan dan masyarakat yang lebih baik, serta memberikan inovasi dan kreatifitas dalam pemanfaatan teknologi.

“KTI-KPH harapannya bisa melahirkan kader-kader yang hebat, yaitu kader yang terus meningkatkan keilmuannya dengan terus melihat dan mencari serta memberikan solusi apa yang ada di sekitarnya.” Ujar Aly Aulia.

Acara tersebut juga dipaparkan langkah-langkah awal dan persiapan dalam penyusunan KTI-KPH. Pemaparan mengenai KTI disampaikan oleh Ustadz Syahrir, S.Psi., Guru mata pelajaran Sosiologi di Mu’allimin.

“Dengan KTI ini, santri Mu’allimin akan ditingkatkan sikap rasionalitas, objektifitas, dan berfikir sitematis, sehingga tercipta kader yang kritis terhadap kondisi lingkungan sekitar.” Ujar Syahrir dalam penyampaian materinya.

Selanjutnya pemaparan mengenai KPH disampaikan oleh ustadz Aulia Abdan Idza Shalla, S.Th.I., Guru mata pelajaran Ilmu Hadits di Mu’allimin.

“Jika sudah terjun ke masyarakat mungkin aka nada yang menanyakan tentang suatu hadits. Walaupun bukan jurusan IIK, santri  dar jurusan MIA dan IIS juga paling tidak bisa memberi jawaban dan pencerahan kepada masyarakat tersebut.” Ujar Aulia Abdan dalam penyampaian materinya.

“SG KTI-KPH juga dijadikan ajang pertemuan awal antara peserta dengan para pembimbingnya. Sehingga harapannya proses penyusunan KTI dan KPH ini bisa berlangsung lancer dan sesuai dengan harapan.” Pungkas Arif Al Fatah, selaku ketua panitia KTI-KPH.

(HumasNews)

#sekolahkader

#muhammadiyah

#pendidikan

#sekolahmenengah

#madrasah

#internationalboardingschool

Instagram: mualliminjogja
Youtube: muallimin jogja

Facebook : muallimin muhammadiyah yogyakarta
Fanspage: Muallimin Muallimaat Jogja

Website : https://muallimin.sch.id/

Info PPDB : ppdbmuallimin.sch.id

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2022/2023

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2022/2023 Gelombang 2 dibuka pada tanggal 15 November sampai dengan 03 Februari 2022.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta