Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Elfa Tsuroyya: Mengapresiasi Sistem Manajerial di Mu’allimin

Oleh Ahmad Tino

15 Desember 2021

Mu’allimin Yogyakarta – Penilaian kinerja kepala madrasah sejatinya merupakan salah satu upaya yang secara terstruktur untuk memotret sistem manajerial yang dilakukan oleh seorang kepala madrasah. Dari potret yang ada, kepala Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah yang didukung oleh stakeholder yang ada telah menunjukkan prestasi yang luar biasa terkait hal tersebut. Berbagai kekurangan yang ada, justru diharapkan menjadi pemicu untuk lebih berprestasi di masa yang akan datang.

Demikian dikatakan oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta, Elfa Tsurroya SAg MPdI MPd, dalam acara Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, Rabu (15/12).

“Komponen penilaian mengacu kepada standar nasional pendidikan, untuk memotret secara riil antara program perencanaan yang telah dibuat, dengan pelaksanaan yang dibuktikan dengan berbagai dokumen pendukungnya. Hal ini juga sebagai bentuk monitoring dan evaluasi terkait quality control terhadap penyelenggaraan pendidikan di Mu’allimin,” ungkapnya.

Sementara itu dua anggota tim penilai yang berasal dari unsur pengawas madrasah, Murtinah SPd MA dan Ratini SPdI MSI, sama-sama mengapresiasi kreasi dan inovasi yang telah dilakukan oleh direktur Mu’allimin, Aly Aulia Lc MHum selama ini yang secara sistemik telah menunjukkan prestasi dan kemajuan yang sangat baik. Metode presentasi untuk menyajikan seluruh bukti fisik yang ditampilkan dalam bentuk aplikasi digital, juga mendapat pujian dari kedua penilai.

“Dari seluruh madrasah yang ada di DIY, Mu’allimin merupakan satu di antara dua madrasah yang menyajikan dokumen bukti fisik sistem manajerialnya secara digital. Dan ini merupakan suatu prestasi yang sangat membanggakan bahkan bisa menjadi contoh bagi madrasah yang lain,” ungkap Murtinah SPd MA, yang kemudian diamini oleh Ratini SPdI MSI pada sesi kesan dan pesannya.

Berbagai kekurangan terkait administrasi guru dan sistem sosialisasi program madrasah, juga mendapat sorotan dari kedua penilai untuk bisa disempurnakan di kemudian hari.

Secara umum, proses penilaian kinerja kepala madrasah yang didukung oleh seluruh kepala urusan yang ada, dapat berjalan dengan lancar. Kepala madrasah juga dinilai telah melakukan sistem manajerialnya dengan sangat membanggakan, baik dari aspek perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta tindak lanjutnya.

“Predikat kategori A, dengan perolehan total nilai di atas 99, baik tingkat MTs maupun MA patut diberikan kepada Mu’allimin yang telah menunjukkan prestasi gemilangnya. Selamat ya untuk semuanya,” tegas Murtinah SPd MA di akhir sesi evaluasinya.

(SR/HumasNews)

#sekolahkader

#muhammadiyah

#pendidikan

#sekolahmenengah

#madrasah

#internationalboardingschool

Instagram: mualliminjogja
Youtube: muallimin jogja

Facebook : muallimin muhammadiyah yogyakarta
Fanspage: Muallimin Muallimaat Jogja

Website : https://muallimin.sch.id/

Info PPDB : ppdbmuallimin.sch.id

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2022/2023

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2022/2023 Gelombang 2 dibuka pada tanggal 15 November sampai dengan 03 Februari 2022.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta