Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Profesor Suyanto: Mu’allimin Memiliki Modal Besar untuk Eksis Menghadapi Perubahan Zaman

Oleh Ahmad Tino

7 Desember 2021

Mu’allimin Yogyakarta – Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Prof Drs Suyanto PhD, tampil sebagai pemateri utama dalam acara Studium Generale Pendidikan yang digelar oleh Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, Senin (6/12). Acara tersebut merupakan salah satu acara di Semarak Milad Mu’allimin ke-103. Acara diselenggarakan secara virtual yang diikuti oleh seluruh pegawai madrasah, yang juga bisa disimak via channel YouTube Muallimin Jogja.

Dalam paparannya melalui media zoom, Prof Suyanto menyatakan bahwa saat ini, peradaban manusia sudah sampai pada fase revolusi industri 4.0 digitalisasi sektor kehidupan. Berbagai kebutuhan hidup manusia sebagian besar telah didukung oleh jaringan internet dalam setiap interaksi dan transaksinya.

Menurutnya, wajah kegiatan ekonomi dunia saat ini ditandai dengan sharing economy, e-education, e-government, cloud collaborative, marketplace, online health service, smart manufacturing, smart city, and smart applicances, yang seluruhnya berbasis teknologi digital.

“Mu’allimin ini sudah modern, dan sebagai sekolah kader harus memiliki curiosity dalam mempelajari hal positif ke depan untuk menghadapi disrupsi teknologi di era digital saat ini,” ungkap Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdiknas dan Kemendikbud (2005-2013) itu.

Lebih lanjut, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (1999-2006) itu juga mengatakan bahwa di era digital dewasa ini, khususnya para guru Mu’allimin harus memiliki modal awal self fulfiling prophecy sebuah keyakinan diri yang positif terhadap para siswanya untuk menggapai keberhasilan, karena setiap keyakinan itu akan membentuk kenyataan.

“Softskill yang harus ditransfer oleh guru Mu’allimin kepada para siswanya adalah berpikir kritis dan inovatif, sebagai pembelajar yang baik, memiliki kemampuan dalam menganalisis dan memecahkan masalah, berpikir kreatif dan inisiatif, memiliki jiwa kepemimpinan dan adaptatif terhadap lingkungan, mampu menggunakan teknologi, serta memiliki daya juang yang tinggi,” imbuh Anggota Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah itu.

“Guru pada abad ke-21 ini harus mampu berperan sebagai inspirator dan motivator. Guru Mu’allimin harus membuang jauh hasil belajar yang tidak relevan saat ini. Pentingnya menanamkan growth mindset terhadap seluruh civitas akademika Madrasah Mu’allimin. Dan Mu’allimin, dengan berbagai sistem yang ada, sudah memiliki modal yang kuat untuk mengarah ke sana,” ungkap Prof Suyanto di bagian akhir dari paparannya.

(SR/HumasNews)

#sekolahkader

#muhammadiyah                                                                                                

#pendidikan

#sekolahmenengah

#madrasah

#internationalboardingschool

Instagram: mualliminjogja
Youtube: muallimin jogja

Facebook : muallimin muhammadiyah yogyakarta
Fanspage: Muallimin Muallimaat Jogja

Website : https://muallimin.sch.id/

Info PPDB : ppdbmuallimin.sch.id

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2022/2023

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2022/2023 Gelombang 2 dibuka pada tanggal 15 November sampai dengan 03 Februari 2022.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta