Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Opening Ceremony Semarak Milad Mu’allimin ke 103 Tahun

Oleh Ahmad Tino

2 Desember 2021

Mu’allimin Yogyakarta – Tepat pukul 07.00 WIB hari Rabu, 01 Desember 2021. Telah diadakan opening ceremony Semarak Milad Mu’allimin (SMM) ke 103 secara luring di lapangan tengah Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Dengan mengusung tema Menuju Mu’allimin Berdaya dan Mendunia, acara ini diharapkan bukan hanya sebuah perayaan hari jadi, tetapi juga sebagai ajang para santri untuk mengasah diri mereka sehingga memiliki daya dan nilai juang yang tinggi sehingga dapat berguna untuk umat dan tampil berani di hadapan ‘dunia’.

103 tahun yang lalu bertepatan pada tanggal 8 Desember 1918 KH Ahmad Dahlan mendirikan Al-Qismul Arqa. Sebuah institut pendidikan islami ‘rakyat’ yang pada saat itu memiliki kurikulum dan metode pendidikan yang tergolong modern di bumi nusantara. sekolah yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga pendidik Muhammadiyah dewasa ini telah berganti nama menjadi Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Oleh karena itu setiap tanggal 8 Desember menjadi hari jadi Madrasah Mu’allimin, dan pada bulan itu juga diselenggarakan acara SMM untuk memeriahkannya. Dengan berbagai event di dalamnya acara ini menjadi ajang kekeluargaan dan menjadi salah satu acara pengkaderan Madrasah Mu’allimin terkhusus bagi kader tingkat lima sebagai panitia.

Pembukaan acara Semarak Milad Mu’allimin ini diadakan secara sederhana mengingat keadaan pandemi sekarang dengan segala pembatasan yang ada di dalamnya. Tetapi walaupun sederhana pembukaan acara ini berlangsung meriah dengan diikuti kader tingkat satu hingga lima yang bersama-sama mengikuti apel dan dilanjutkan pembukaan acara SMM ini. Tentusaja para hadirin terutama pihak santri tetap menggunakan protokol kesehatan yang berlaku seperti menggunakan masker. Mereka juga telah melakukan tes PCR dan melakukan karantina di asrama masing-masing sehingga menjamin kesehatan para santri.

Acara pembukaan ini dipandu oleh para kader Hizbul Wathan Mu’allimin. Mereka bertugas untuk memimpin acara ini sehingga dapat berlangsung secara tertib dan nyaman. Tak lupa mereka juga mengumandangkan Janji Pelajar Mu’allimin yang diikuti oleh seluruh kader dari tingkat satu hingga lima. Janji yang menjadi ‘tali pegangan’ para santri sehingga tetap berada pada tujuannya sebagai santri Mu’allimin. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua acara SMM kader tingkat lima Akmal Sabil, ketua IPM Mu’allimin kader tingkat lima Syauqi Marsa Taqiyuddin, dan Direktur Mu’allimin H Aly Aulia Lc, M.hum.. Mereka memberikan kesan dan pesan tentang SMM dan harapan tentang masa depan kader Mu’allimin.

Setelah itu dibunyikan gong sebanyak tiga kali oleh Direktur Mu’allimin yang secara simbolis membuka rangkaian acara SMM ini. acara dilanjutkan dengan pembagian Hand Sanityzer sebagai bentuk kerja sama dan bantuan antara Muhammadiyah Covid Command Center (MCCC), Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dan Unilever guna menjaga kesehatan dan menjauhi resiko tertular Virus Covid-19 terkhusus di kalangan pelajar dan santri Muhammadiyah.

Seperti namanya acara ini merupakan gerbang pembuka rangkaian Semarak Milad Mu’allimin. Oleh karena itu setelah ini masih banyak acara yang akan diselenggarakan mulai dari yang bersifat kritis, bahasa, kepemimpinan, kekeluargaan, dan masih banyak lagi. Sehingga diharapkan dapat menempa dan menghasilkan kader ulama, pemimpin, dan pendidik sesuai dengan visi misi Madrasah Mu’allimin. Acara SMM ini juga diikuti oleh pihak guru dan karyawan (gukar) sehingga diharapkan juga dapat mempererat hubungan antara santri dengan pihak pengajar dan karyawan sehingga menciptakan lingkungan belajar yang harmonis. 

(IPM/HumasNews)

#sekolahkader

#muhammadiyah

#pendidikan

#sekolahmenengah

#madrasah

#internationalboardingschool

Instagram: mualliminjogja
Youtube: muallimin jogja

Facebook : muallimin muhammadiyah yogyakarta
Fanspage: Muallimin Muallimaat Jogja

Website : https://muallimin.sch.id/ Info PPDB : ppdbmuallimin.sch.id

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2022/2023

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2022/2023 Gelombang 2 dibuka pada tanggal 15 November sampai dengan 03 Februari 2022.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta