Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Di masa Transisi, IPM Mu’allimin Cetak Kader Berkemajuan

Oleh Ahmad Tino

24 Oktober 2021

Mu’allimin Yogyakarta – Pimpinan ranting IPM Mu’allimin baru saja mengadakan Darul  Arqam (DA) II pada Kamis 21 Oktober 2021 yang diikuti oleh kader tingkat 3 yang dilaksanakan secara Hibrida.  Tema Darul Arqam II pada tahun ini adalah “Optimalisasi Gerakan Kekaderan Santri di Masa Transisi.“ Alasan panitia mengangkat tema tersebut karena, di masa pandemi ini bukan menjadi halangan kita para santri untuk mengobarkan api semangat kekaderan di Mu’allimin.

Tujuan Darul Arqam II kemarin tidak lain dan tidak bukan adalah meningkatkan mutu dan kualitas kader tingkat 3, memperluas wawasan,  dan menambah pengalaman sehingga kader tingkat 3 matang dan juga siap beranjak ke jenjang Aliyah. Lalu, Darul Arqam II ini juga sebagai sarana silaturahmi antar peserta DA dengan pimpinan IPM Mu’allimin, dan alumni Mu’allimin. “Silahkan DA ini bisa dijadikan pacuan bagi temen-temen dalam melanjutkan jenjang pendidikan di madrasah tercinta ini. Teman-teman sudah kelas 3, silakan teman-teman bisa berpikir secara kritis dan rasional. Kami tunggu progresnya, semangat ! “ pesan Ipmawan Faqih As-Sajjad, selaku ketua acara Darul Arqam II untuk para peserta Darul Arqam II.

Pemateri pada Darul Arqam II kali ini diisi oleh orang-orang hebat, yaitu Faiz Arwi yang merupakan Ketua Umum PR IPM Mu’allimin periode 2017/2018 sekaligus alumni Madrasah Mu’allimin tahun 2019 , dan Alfreda ketua umum PR IPM Mu’allimat periode 2016/2017 sekaligus alumni Madrasah Mu’allimat.

Alfreda membawakan materi Psikologi dan Faiz Arwi membawakan materi Kepemimpinan, kedua pemateri tersebut mendapatkan antusias dan perhatian dari para peserta Darul Arqam yang di asrama maupun yang di rumah. “Kita akan selalu ketemu sama hal-hal yang rumit, riweuh, mengecewakan, dan segenap kejadian yang kurang menyenangkan. Semoga kita selalu punya kelapangan hati untuk menerima, menghadapi, dan keleluasaan pikir untuk merespon segala sesuatunya dengan adaptif. Selamat menikmati proses!“ pesan dari Alfreda kepada peserta Darul Arqam kemarin sore melalui media Zoom meeting. Adapun pesan dari Faiz Arwi kepada Peserta Darul Arqam yang disampaikan langsung di Asrama 8 yang menjadi tempat berlangsungnya Darul Arqam kemarin, “Jadi manusia jangan kepalang tanggung. Totalitas di dalam segala hal, adalah derap langkah menuju kesuksesan di masa depan.“

Pada saat SGD (Small Group Discussion) para peserta aktif dan kritis saat ditanya oleh Fasilitator. Tujuan diadakannya SGD ini adalah mengasah dan meningkatkan pola pikir para peserta sehingga mereka nantinya siap saat dilepaskan sebagai anak panah Muhammadiyah, dan tentu saja SGD ini sebagai tempat silaturahmi peserta Darul Arqam dengan panitia Darul Arqam. Acara Darul Arqam II pun ditutup pada hari Jum’at 22 Oktober 2021. (Reyhan/Kweeknews.com)

#sekolahkader

#muhammadiyah

#pendidikan

#sekolahmenengah

#madrasah

Instagram: mualliminjogja
Youtube: muallimin jogja

Facebook : muallimin muhammadiyah yogyakarta
Fanspage: Muallimin Muallimaat Jogja

Website : https://muallimin.sch.id/ Informasi PPDB Mu’allimin : ppdb.muallimin.sch.id

Mu’allimin di Instagram


Mu’allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2022/2023

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2022/2023 Gelombang 2 dibuka pada tanggal 15 November sampai dengan 03 Februari 2022.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta

Open chat