Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Temoe Kangen Alumni MMM Tahun 1960-an

Oleh Ahmad Tino

23 Oktober 2021

SEKITAR 50 alumni lintas angkatan Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah (MMM) Yogyakarta melakukan silaturahim dan temoe kangen, Sabtu dan Ahad (16-17/10). Kebanyakan mereka alumni lulusan tahun 1960-an dan awal 1970-an, berasal dari berbagai kota di Pulau Jawa dan luar Jawa. Di antara mereka terdapat nama Drs Fahmi Muqoddas (alumni 1964), Drs Ahmad Wisuno (1967), Nursalim (1968), Dr M Santosa SE MM dan Drs Taufiq Dahlan MPdI (1969).

Silaturahmi berlangsung di dua lokasi. Sabtu malam di Café Brick Jalan Kaliurang dan Kampus MMM Patangpuluhan Yogyakarta serta Sedayu Bantul Keesokan harinya. Suasana temoe kangen menjadi meriah dan mengharukan karena banyak di antara alumni baru bertemu untu pertama kalinya setelah berpisah selama setengah abad lebih.

Silaturahim di Café Brick di awali menyanyikan mars Sinar Kaum Muhammadiyah (SKM), pembacaan puisi Anak Panah Muhammadiyah, sambutan H Muhyiddin selaku tuan rumah, sambutan alumni tertua Fahmi Muqoddas serta foto bersama tiap angkatan alumni.

Sejumlah alumni menjadi emosional ketika menginjakkan kaki di Kampus MMM Patangpuluhan yang dulunya dikenal dengan nama Jalan Tamansari 68. “Di sinilah aku dibesarkan,” teriak Drs Ahmad Wisuno. Sementara Drs Taufiq Dahlan MPdI mengatakan tidak mengira bisa mengunjungi lagi kampus MMM yang ditinggalkannya pada tahun 1969.

Kondisi kampus MMM Patangpuluhan memang sudah berubah 100 persen. Bangunan lama telah dirobohkan karena tidak lagi kondusif pasca gempa bumi tahun 2006. Berganti menjadi bangunan yang lebih megah dan wah. Ahmad Wisuno sebagai ketua SKM tahun 1967, Masyhudi (1968) dan Alfian Darmawan (1969) mengenang masa-masa saat belajar berpidato di aula yang lokasinya kini berubah menjadi bangunan bertingkat.

Di aula tersebut, setiap bulan berlangsung kontes pidato antar siswa. Saling bersaing untuk menjadi yang terbaik. Dua di antara siswa yang bersaing itu ialah Alfian Darmawan dan Sunardi Syahuri (alm), yang dikemudian hari dikenal sebagai politisi dan dai terkenal.

Secara resmi para alumni diterima Wakil Direktur Bidang Kesiswaan Zulkifli MPd di ruang Multimedia. Mewakili Direktur MMM Aly Aulia Lc MHum yang berhalangan hadir, Zulkifli mengungkapkan rasa harunya atas kehadiran para alumni yang rata-rata telah berusia 70-an tahun. Pada kesempatan itu dua mantan Ketua SKM, Ahmad Wisuno dan Mashudi, mengungkapkan masa-masa ‘kemunduran’ MMM sehingga keduanya menggalang ‘aksi demonstrasi’.

Silaturahmi diakhiri dengan mengunjungi Kampus Sedayu Bantul, yang sebagian bangunannya yang telah jadi diresmikan Presiden Joko Widodo, Jum’at 10 September 2021 lalu. (KR-Soeparno S Adhy)

#sekolahkader

#muhammadiyah

#pendidikan

#sekolahmenengah

#madrasah

Instagram: mualliminjogja
Youtube: muallimin jogja

Facebook : muallimin muhammadiyah yogyakarta
Fanspage: Muallimin Muallimaat Jogja

Website : https://muallimin.sch.id/

Informasi PPDB Mu’allimin : ppdb.muallimin.sch.id

Mu’allimin di Instagram


Mu’allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2022/2023

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2022/2023 Gelombang 2 dibuka pada tanggal 15 November sampai dengan 03 Februari 2022.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta

Open chat