Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Tingginya Ekspektasi Publik Terhadap Mu’allimin, Agung Danarta : Perlu Percepatan SDM yang Berkualitas untuk misi Mu’allimin ke Depan

Oleh Ahmad Tino

14 Oktober 2021

Mu’allimin Yogyakarta – Berbagai upaya penyempurnaan sistem tata kelola di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah kini terus dilakukan oleh pemgurus Badan Pembina Harian (BPH) bersama-sama dengan jajaran direksi. Langkah strategis dan sistematis tersebut mutlak dilakukan, menyusul semakin tingginya harapan dan tuntutan publik terhadap Mu’allimin dewasa ini.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ketua BPH Madrasah Mu’allimin Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, Dr H Agung Danarta MAg saat menyampaikan amanatnya pada acara penyerahan SK Pegawai Tetap Yayasan (PTY) kepada 15 orang guru, dan 5 orang karyawan periode tahun 2021 di aula madrasah setempat, Rabu (13/10).

“Semakin tingginya tingkat ekspektasi masyarakat terhadap madrasah kita, yang ditandai dengan tetap tingginya animo orang tua untuk menyekolahkan para putranya di Mu’allimin, di satu sisi merupakan kebanggaan namun di sisi lain hal tersebut juga merupakan tantangan yang harus kita hadapi dan kita  pertanggungjawabkan secara proporsional dan profesional,” ungkap  Agung Danarta yang kini juga menjabat sebagai Sekretaris PP Muhammadiyah itu.

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa prestasi cukup membanggakan yang diraih oleh Mu’allimin saat ini adalah diperolehnya apresiasi dan pengakuan dari Majelis Tinggi Al-Azhar Mesir terkait muadalah (penyetaraan) ijazah bagi Madrasah Mu’allimin dengan ijazah Ma’had Buus Islamiyah Al-Azhar (sederajat SMA). Dengan pengakuan tersebut, Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah tidak perlu lagi bergantung pada ijazah dari Kemenag untuk memberangkatkan lulusannya ke Universitas Al-Azhar, Mesir.

Di samping itu, prestasi akademik Mu’allimin dalam beberapa tahun terakhir yang mampu melampaui prestasi beberapa sekolah Muhammadiyah terkemuka di Yogyakarta pun juga merupakan indikator pencapaian tata kelola dan manajerial yang patut diapresiasi secara positif. 

“Capaian-capaian besar inilah yang harus kita pertahankan dan tingkatkan. Dan ke depan kita butuh SDM yang handal untuk terus maju, tetapi dengan tidak melupakan akar sejarah di masa lalu,” ungkap Agung Danarta

Senada dengan Agung Danarta, Direktur Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, H Aly Aulia Lc MHum dalam sambutan iftitahnya menyampaikan harapannya kepada para guru dan karyawan tetap periode tahun 2021 tersebut untuk terus berkiprah, dan menjadi nafas bagi pimpinan untuk tetap istiqomah terhadap kemajuan Mu’allimin di masa datang.

“Saya sangat berharap besar kepada Para Ustadz ini untuk mampu berposisi sebagai striker, back, bahkan penjaga gawang yang mumpuni bagi eksistensi Mu’allimin di masa depan, guna merealisaikan impian besar kita sebagai madrasah yang unggul dan berkemajuan, tidak hanya di tingkat lokal, atau nasional, namun juga level internasional,” ungkap alumni Universitas Al-Azhar, Mesir yang sejak menjabat sebagai direktur di periode  pertamanya telah sangat konsen terhadap program internasionalisasi bagi pendidikan di Mu’allimin itu.

(S-HN)                                                                                                            

#sekolahkader

#muhammadiyah

#pendidikan

#sekolahmenengah

#madrasah

Instagram: mualliminjogja
Youtube: muallimin jogja

Facebook : muallimin muhammadiyah yogyakarta
Fanspage: Muallimin Muallimaat Jogja

Website : https://muallimin.sch.id/

Informasi PPDB Mu’allimin : ppdb.muallimin.sch.id

Mu’allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2022/2023

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2022/2023 dibuka pada tanggal 11 September sampai dengan 4 November 2021.

© 2021 Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta

Open chat