Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Pelatihan Penulisan Bahan Ajar Bagi Seluruh Guru Mu’allimin

Oleh Ahmad Tino

2 Oktober 2021

Mu’allimin Yogyakarta – Proses pembelajaran merupakan rangkaian beberapa sistem yang saling berkaitan satu sama lainnya. Apabila salah satu sistem tidak dapat berfungsi maka sistem tidak dapat bekerja secara optimal. Proses pembelajaran akan lebih optimal apabila pengajar mampu menerapakan berbagai pendekatan, strategi, metode, teknik, dan model pembelajaran yang beragam serta memanfaatkan media pembelajaran dan bahan ajar yang ada di sekitar kita. Penerapan komponen tersebut dalam proses pembelajaran diharapkan dapat membantu guru agar lebih mudah dalam mengajarkan materi kepada para siswa serta dapat menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan efisien guna mencapai tujuan pembelajaran.

Peningkatan skill dan mutu pendidik Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta terus dilakukan. Melalui Divisi Urusan Laboratorium dan Media Pembelajaran Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta menggelar pelatihan penulisan bahan ajar bagi seluruh guru Madrasah Mu’allimin yang berjumlah lebih dari 100 guru pada Sabtu (02/10/2021) secara luring yang dibagi beberapa ruang di Kampus Induk Mu’allimin Wirobrajan.

Berakar dari betapa pentingnya pembuatan bahan ajar menjadi latar belakang diselenggaranya kegiatan pelatihan ini. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu para guru dalam mengembangkan dan memperbaiki kualitas pembelajaran, ungkap Dwi Pembangun Ari Yuwono, S.Pd ketua panitian acara pelatihan penulisan bahan ajar.

Turut hadir dalam acara ini, H. Mutadi, S.Pd., M.Ed, sebagai pembicara, Direktur Mu’allimin H Aly Aulia Lc MHum, jajaran direksi dan seluruh guru Madrasah Mu’allimin dan Ust. Rahmad Gunawan, M.Sc yang akan memberikan sambutan bertepatan dengan purna tugas Ust Rahmat. Aly Aulia berharap seluruh Guru Mu’allimin mampu meningkatkan kwalitas dan profesionalitas dalam bekerja dengan meningkatkan skill dalam menulis sehingga mampu menghasilkan buku-buku pembelajaran yang bisa digunakan oleh para siswa, “Meningkat tidak hanya koin, tapi juga poin” ungkap Direktur Mu’allimin.

Mutadi yang biasa disapa Teddy menyampaikan, bahwa “Sepintar apapun anda, jika tidak menulis anda akan hilang ditelan peradaban”  hal ini digelorakan untuk menjadi pemantik semangat agar seluruh guru Mu’allimin mampu dan mau menghasilkan karya-karya tulisan yang bisa menjadi bahan baik pembelajaran maupun pengetahuan.

Dalam acara yang sama, Ust Rahmad Gunawan memberikan sepenggal kata pamitan kepada seluruh guru yang hadir dalam acara tersebut, “Terimakasih kepada Madrasah Mu’allimin yang telah bersedia menjadikan tempat untuk bertukar ilmu, menambah ilmu dan bersedia mengangkat saya sebagai pegawai tetap Persyarikatan sejak tahun 1985 pengabdian ini masih akan berlanjut sampai kapanpun jika berkaitan dengan Mu’allimin dan Muhammadiyah”, ungkap Rahmad. Guru kimia yang merupakan guru legendaris di Madrasah Mu’allimin mendedikasikan hasil karyanya di bidang pendidikan berupa Tesis beliau untuk diberikan kepada Mu’allimin sebagai bahan refrensi studi bagi siswa-siswa Mu’allimin.

Terakhir dalam penutupnya, Wakil Direktur 1 Bidang Kurikulum, Ust Solikhin M.Pd menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Tedy yang telah menjadi pembicara dan memberikan warna dan refrensi baru bagi guru-guru khusunya mata pelajaran umum yang akan melakukan penulisan bahan ajar, dikarenakan untuk guru-guru mata pelajaran Al-Islam sudah hampir 95% menciptakan karya buku bahan ajar yang dipakai di Madrasah Mu’allimin. Ust Solikhin berharap 1-2 Tahun mendatang buku-buku mata pelajaran umum merupakan karya dari Guru-guru di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta.

(T-HN)

#sekolahkader

#muhammadiyah

#pendidikan

#sekolahmenengah

#madrasah

Instagram: mualliminjogja
Youtube: muallimin jogja

Facebook : muallimin muhammadiyah yogyakarta
Fanspage: Muallimin Muallimaat Jogja

Website : https://muallimin.sch.id/

(More Info : http://bit.ly/mualliminjogja)

Mu’allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2022/2023

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2022/2023 dibuka pada tanggal 11 September sampai dengan 4 November 2021.

© 2021 Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta

Open chat