Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Mu’allimin Sukses Menggelar ANBK 2021

Oleh Ahmad Tino

28 September 2021

Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta menggelar ANBK bagi siswa tingkat Aliyah pada, Senin dan selasa (27-28 September 2021) di Lab. Komputer Kampus Induk Madrasah Mu’allimin dengan jumlah peserta didik 42 siswa, selain pada tingkatan Aliyah ANBK juga berlaku pada siswa tingkatan Tsanawiyah yang akan dilaksanakan pada pekan depan. Melansir laman kemdikbud, Asesmen Nasional Berbasis Kompuer (ANBK) merupakan program Pemerintah pengganti UNBK sebagai penilaian terhadap mutu sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

ANBK bertujuan untuk mengetahui gambaran karakteristik esensial sebuah sekolah dan madrasah yang efektif dalam mengembangkan kompetensi dan karakter siswa. Mulai dari ciri pengajaran yang baik, sampai program dan kebijakan sekolah yang membentuk iklim akademik, sosial, dan keamanan yang kondusif.

Program ANBK tidak hanya mengevaluasi capaian siswa secara individu, akan tetapi mengevaluasi dan memetakan system pendidikan yang berupa input, proses dan hasil. Berbeda dengan UNBK, ANBK dilakukan pada jenjang sekolah, mulai dari SDSMP/MTs, SMA/SMK/MA dan sederajat serta  dikerjakan oleh peserta didik kelas 5 SD, 8 SMP, dan 11 SMA.

Pada hari pertama ANBK, Madrasah Mu’allimin membagi menjadi 2 sesi dan 2 ruang lab dengan peserta didik siswa Aliyah. Setiap ruangan yang digunakan sudah melalui tahap seterilisasi, hanya peserta didik dan pengawas yang boleh memasuki ruangan ANBK. Protokol kesehatan wajib diterapkan pada seluruh peserta didik sebelum memasuki ruangan, diantaranya cek suhu tubuh, menggunakan masker, menjaga jarak ketika memasuki ruang lab dan mencuci tangan dengan air atau handsanitizer yang sudah disediakan panitia, guru yang bertugas sebagai pengawas juga difasilitasi Alat pelindung diri berupa masker, faceshield dan handsanitizer.

Secara terpisah, Ust. Agus Riyadi S.Pd.,M.Pd selaku Bagian Dikjar Madrasah Mu’allimin berharap dengan adanya ANBK diharapkan siswa- siswa Mu’allimin mengerjakan soal ANBK dengan penuh kesungguhan karena hasil ANBK mencerminkan mutu sekolah. ANBK merupakan program penilaian terhadap mutu Sekolah. Mutu Sekolah akan dinilai dari hasil belajar siswa yang mendasar seperti materi literasi, numerasi dan karakter . Selain hal tersebut juga didasarkan pada kualitas proses belajar mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. (T-HN)

#sekolahkader

#muhammadiyah

#pendidikan

#sekolahmenengah

#madrasah

Instagram: mualliminjogja
Youtube: muallimin jogja

Facebook : muallimin muhammadiyah yogyakarta
Fanspage: Muallimin Muallimaat Jogja

Website : https://muallimin.sch.id/ (More Info : http://bit.ly/mualliminjogja)

Mu’allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2022/2023

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2022/2023 dibuka pada tanggal 11 September sampai dengan 4 November 2021.

© 2021 Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta

Open chat