Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Guru Mu’allimin tetap Eksis berprestasi di tengah Pandemi

Oleh Ahmad Tino

22 September 2021

Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah membuktikan jati dirinya sebagai Sekolah Kader Ulama, Pemimpin dan Pendidik, hal ini dibuktikan oleh Eko Prasetiyo., S.Pd.,E.Sp.,M.Pd sebagai Pendidik pengampu mata pelajaran Sejarah di Madrasah Mu’allimin yang menjuarai Lomba Esai Sejarah yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul (Kundha Kabudayan) pada Akhir Agustus 2021 yang diadakan secara Online dan meraih Juara II untuk Kategori Umum.

Kegiatan tersebut dikikuti lebih dari 70 Peserta pada kategori umum, kegiatan tersebut merupakan upaya pemerintah Kabupaten Bantul dalam melestarikan nilai-nilai sejarah dan mengenalkan budaya pada generasi muda tentang warisan sejarah di Bantul.

Karya yang ditulis oleh Eko Prasetiyo., S.Pd.,E.Sp.,M.Pd berjudul : “Memahami Jalur Rempah dan Akulturasi Budaya Bantul”, menjadi salah satu nominasi karya yang membahas Jalur Rempah di Kabupaten Bantul sejak masa Protohistory yang berkembang hingga masa klasik (Hindu-Buda) kemudian ke masa Islam dan kolonial dan selanjutnya tumbuh berkembang hingga masa kini.

Melalui pelacakan situs arkeologi, oral tradition, wawancara mendalam, observasi keberadaan situs budaya, serta studi dokumentasi dan referensi naskah-naskah kuno diketahui bahwa Bantul memiliki peran yang besar dalam membangun budaya rempah di Nusantara dengan pusatnya di Gunung Wingko, Sanden.

Implikasi dari Esai ini diharapkan segenap elemen masyarakat turut serta  dalam  melestarikan situs rempah dan budaya rempah di Kabupaten Bantul dengan berbagai kanal budaya maupun platform media digital beserta anjangsana seperti Festival Budaya Rempah dan Fieldtrip jalur rempah Bantul berbasis Akulturasi budaya, dengan adanya perlombaan ini Eko mengungkapkan sebuah teori baru yang berjudul “Rute jalur rempah internal berbasis akluturasi budaya di Kabupaten Bantul”.

Pada kesempatan yang berbeda, Guru dari sekolah pencetak Kader itu berpesan kepada seluruh Guru Mu’allimin agar terus aktif terlibat pada setiap perlombaan yang bisa menambah wawasan dan skill. “Menang dan kalah adalah suatu keniscayaan dalam harmonisasi kehidupan, namun Semangat untuk Tetap berjuang dalam segala keterbasan dan menghasilkan karya  adalah jalan Istiqomah untuk tetap berfastabiqul khairat dengan memberi inspirasi bagi sesama dan membentuk peserta didik dalam mewujudkan kader Ulama, Pemimpin, dan Pendidik” ujar Eko.

Atas dukungan dari Seluruh Civitas Akademika Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta beserta seluruh informan dan narasumber lapangan akhirnya karya ini dapat dipublikasikan oleh Dinas Kebudayaan Bantul dengan harapan dapat menjadi referensi dalam pengembangan pustaka jalur rempah di Kabupaten Bantul.

Dalam kesempatan yang berbeda ketika ditemui, Eko manambahkan sedikit Quotes motivasi kepada khalayak umum agar terus Semangat dan Percaya diri pada setiap hal yang digeluti “Seandaianya Anda percaya pada dirisendiri dan mampu melaksanakan segala sesuatu dengan Tekad yang Membaja, percayalah Anda akan dapat Menundukkan Apapun”, imbuh Eko. (T-HN)

#sekolahkader

#muhammadiyah

#pendidikan

#sekolahmenengah

#madrasah

Instagram: mualliminjogja
Youtube: muallimin jogja

Facebook : muallimin muhammadiyah yogyakarta
Fanspage: Muallimin Muallimaat Jogja

Website : https://muallimin.sch.id/

(More Info : http://bit.ly/mualliminjogja)

Mu’allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2022/2023

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2022/2023 dibuka pada tanggal 11 September sampai dengan 4 November 2021.

© 2021 Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta

Open chat