Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Prof Dr Abdul Mu’ti : Paradigma Tajdid Muhammadiyah

Oleh admin

2 Februari 2021

Paradigma Tajdid Muhammadiyah Sebagai Gerakan Dakwah Islam Berkemajuan dipilih menjadi tema dalam pertemuan Bulanan Pegawai yang digelar oleh Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Acara yang dilaksanakan pada hari senin (1/2/2021), diselenggarakan melalui live streaming youtube dan zoom yang langsung dihadiri oleh Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhamamdiyah Prof. Dr. Abdul Mu’ti M.Ed.

Mengawali sambutan, Aly Aulia mengatakan bahwa pertemuan bulanan ini sebagai sarana komunikasi antar seluruh pegawai di madrasah dan sekaligus bertujuan untuk meneguhkan pengetahuan ideologi pegawai madrasah mengenai arahan, informasi berkaitan dengan dinamika persyarikatan muhammadiyah. Dalam hal ini terkhusus mengenai tajdidnya muhammadiyah, sebagai landasan dakwah muhammadiyah.

Muhammadiyah adalah gerakan islam amar ma’ruf nahi munkar dan tajdid yang bersumber dari alquran dan sunnah. Tajdid melekat dalam jati diri kita dan kepribadian muhammadiyah. Muhamamdiyah bukan hanya meletak dasar pemahaman islam akan tetapi terus mengembangkan dan menjadi pembaharu.

Abdul Mu’ti mengatakan ada beberapa prinsip -prinsip penting dalam muhammadiyah yang pertama bahwa pintu ijtihad masih terbuka. Pendapat ini berbeda dengan organisasi islam lainnya. Muhammadiyah meyakini bahwa Islam adalah agama yang sempurna yang diturunkan oleh Allah untuk semesta alam, namun Muhammadiyah juga meyakini masih terbukanya pintu ijtihad itu sendiri. Kedua adalah Muhammadiyah tidak mengikuti madzhab tetapi mengembangkan manhaj hal ini sesuai dengan firmanNya (Q.S Al Maidah. 48). Lebih jauh lagi Abdul Mu’ti mengatakan bahwa Muhammadiyah dalam bertajdid ada  wilayah besar yang perlu menjadi bagian iktiar Muhammadiyah yaitu tajdid pemikiran tentang tafhimul islam. Muhammadiyah merujuk kepada Alquran dan As Sunnah Al Maqbullah.

Diakhir sesi peneguhan ideologi Abdul Mu’ti yang juga Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Agama Islam menyampaikan pesan Mu’allimin adalah produk dari tajdid Muhammadiyah. Mu’allimin juga menjadi kiblat lembaga pendidikan muhamadiyah di tanah air, maka dari itu mu’allimin diharapkan melahirkan banyak kader – kader persyarikatan muhammadiyah yang memiliki bekal ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum untuk mewujudkan islam yang rahmatan lil’alamin.

——————————————————————
Penerimaan Peserta Didik Baru:

Pendaftaran: 21 Nov 2020- 11 Maret 2021

Tes Seleksi: 13 – 14 Maret 2021

Pengumuman: 17 Maret 2021

CP: 082320072018/ 087786111918

—————————————————————

Instagram: mualliminjogja
Youtube: muallimin jogja

Facebook : muallimin muhammadiyah yogyakarta
Fanspage: Muallimin Muallimaat Jogja

(More Info : http://bit.ly/mualliminjogja )

Mu’allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2022/2023

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2022/2023 dibuka pada tanggal 11 September sampai dengan 4 November 2021.

© 2021 Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta

Open chat