Beranda > Berita Utama > Detail Berita

Detail Berita

Milad Sinar Kaum Muhammadiyah ke-96

Dalam rangka Milad Sinar Kaum Muhammadiyah (SKM) ke-96, telah diadakan tabligh akbar pada Hari Jumat, 15 Januari 2021 secara online via zoom-You Tube. Ustaz Bachtiar Nasir, Lc. M.M. seorang ulama IndonesIa dan Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI), menjadi pengisi pada acara ini.  Dengan tema Pemuda Hijrah Berani Dakwah, beliau memberikan pesan-pesan yang bermanfaat kepada warga Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta dan masyarakat umum.

Acara ini dimulai dengan amanat Direktur Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, Ustaz H. Aly Aulia Lc., M. Hum. Beliau menjelaskan bahwa, Sinar Kaum Muhammadiyah memiliki sejarah yang panjang. Organisasi kesiswaan ini telah didirikan sejak dahulu kala dengan nama Siswo Projo yang didirikan dan diinisiasi langsung oleh direktur pertama yang juga pendiri Muhammadiyah, K.H. Ahmad Dahlan. Tujuannnya tidak hanya mencetak generasi cerdas dan sholeh, tetapi juga generasi yang mau terjun berdakwah.

Sinar Kaum Muhammadiyah (SKM) merupakan organisasi kesiswaan asli Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Didirikan pada tahun 1919 dengan nama awal Siswo Projo Projo menjadikan SKM sebagai salah satu organisasi kesiswaan tertua di Indonesia. Walaupun sekarang SKM telah dibubarkan dan diganti dengan Ikatan Pelajar Muhammadiyah, tetapi semangat SKM selalu berusaha dikobarkan dihati para santri Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Sebagai salah satu cara melestarikan semangat SKM tersebut adalah dengan mengadakan milad atas kelahiran SKM setiap tahunya yang dipanitiai oleh para santri, khususnya santri kelas satu Aliyah. Dan pada tahun ini tercatat dalam sejarah untuk pertama kalinya milad SKM diadakan secara virtual.    

Ustaz Bachtiar Nasir memulainya dengan memberikan pesan dan harapan kepada Direktur Mu’allimin agar bisa bersama melahirkan dan memfasilitasi lahirnya tokoh-tokoh pembaharu Muhammadiyah. Yang bukan membuat hal baru, tetapi membaharui Tajdid, memperbaharui agamanya. Dan dalam konteks kemuhammadiyahan, beliau berharap agar lahir Ahmad Dahlan-Ahmad Dahlan baru yang sesuai dengan zamanya. Yang mewarisi semangat Ahmad Dahlan, dan mewarisi orisinalitas idealismenya ditengah semua penyimpangan yang ada. Dan kepada para kader, beliau berpesan untuk memasukan dua hal kedalam diri para kader sebelum memasukan ilmu-ilmu lain. Dua hal itu adalah do’a kepada Allah agar diturunkan ketakwaan kedalam diri kita dan disucikan diri kita dan batin kita.

Dengan tema Pemuda Hijrah Berani Dakwah, Ulama yang juga sudah menerbitkan buku Masuk Surga Sekeluarga ini memberikan pesan dan nasihat yang begitu banyak, bermanfaat, dan tentunya disampaikan dengan selalu bersemangat. Beliau mengutip Quran Surat Al-Kahfi ayat 13 sampai 15 sebagai dasar fondasi dari pesan dan nasehat yang beliau berikan. Beliau juga mengangkat isu-isu yang sedang berkembang dan menjadi rintangan-rintangan dalam berdakwah pada zaman ini.

Tidak lupa, Ustaz Bachtiar Nasir mengucapkan rasa bangga terhadap panitia Milad SKM, dan berharap tema Milad SKM yang bertajuk Bangga Bersaudara, Junjung Nilai Budaya, Berkarya Bergerak Bersama dan tag line Hayuning Bawana ini dapat dikejewantahkan ke dalam nilai-nilai ubudiyah ke dalam konteks kekinian sesuai budaya kita, dengan tetap memiliki ruh seperti apa-apa yang sudah disampaikannya dalam tabligh akbar.

Opening Ceremony

Kamis, 14 Januari 2021 lalu juga telah dilksanakan opening ceremony Milad Sinar Kaum Muhammadiyah ke-96 secara virtual yang diketuai oleh Syauqi Marsa Taqiyuddin sebagai pembuka dari rangkaian kegiatan yang salah satunya tabligh akbar oleh Ustaz Bachtiar Nasir.Tema yang dibawa pada perayaan Milad SKM tahun ini adalah Bangga Bersaudara, Junjung Nilai Budaya, Berkarya Bergerak Bersama. Tema tersebut juga didukung dengan tag line Hayuning Bawana sebagai slogan dan ujung tombak pengimplementasian nilai-nilai di dalam tema tersebut.

Milad SKM tahun ini untuk pertama kalinya dilaksanakan secara virtual namun tanpa mengurangi nilai-nilai semangat dalam Sinar Kaum Muhammadiyah. Lengkapnya, rangkaian kegiatan yang dihadirkan Milad SKM tahun ini antara lain; Tabligh Akbar, Young Leadership E-Camp, SKM Kuy, Perlombaan Nasional, Podcast Kata Mereka, dan Malam Resepsi Milad Sinar Kaum Muhammadiyah ke-96 Virtual.

Selain penampilan Tapak Suci dari santri Mu’allimin, tidak kalah keren hadir penampilan dari panitia Milad SKM ke-96 yaitu gamelan dari tim Karyo Adiluhung. Pentas gamelan ini sebagai wujud dari tema yang diangkat karena semakin sedikitnya anak muda yang ingin mengenal, mengetahui, dan memainkan gamelan yang menjadi salah satu budaya Indonesia.

Selain itu, panitia Milad sinar Kaum Muhammadiyah ke-96 turut mengundang PP Muhammadiyah untuk memberikan amanat pada Opening Ceremony yang pada kali ini diwakilkan oleh Dr. Faiz Rafdhi, M.Kom. sebagai Wakil Ketua Majelis Pendidikan Kader PP Muhammadiyah yang juga pernah menjadi pimpinan organi sekolah Sinar Kaum Muhammadiyah. Beliau menyampaikan amanat mengenai sejarah singkat ketika ia terlibat dalam proses kaderisasi dari SKM sebagai bocoran dari apa yang akan ia tuliskan dalam buku antalogi Sinar Kaum Muhammadiyah.

Milad SKM ke-96 kali ini juga akan melakukan launching buku Antologi Sinar Kaum Muhammadiyah yang berisi tulisan dari sesepuh-sesepuh Sinar Kaum Muhammadiyah pada malam resepsi yang akan dilakukan pada tanggal 19 Februari 2021 yang akan datang. Buku ini berisi tentang sejarah-sejarah atau pemikiran-pemikiran para penulisnya selama menjadi pimpinan Sinar Kaum Muhammadiyah. Harapannya, santri-santri Muallimin dan masyarakat umum, khusunya warga Muhammadiyah dapat mengenali salah satu buah karya dari K.H. Ahmad Dahlan yang jarang sekali diketahui, dan sekaligus menyalurkan semangat juang dari para pimpinan-pimpinan terdahulunya.

Kedua acara tersebut dapat ditonton ulang melalui channel Youtube Muallimin jogja, atau melalui tautan https://youtu.be/cr4VfUASIUQ untuk siaran opening ceremony, dan https://youtu.be/8osPmK0mky8 untuk siaran tabligh akbar oleh Ustaz Bachtiar Nasir.

Penerimaan Peserta Didik Baru:

Pendaftaran: 21 Nov 2020- 11 Maret 2021

Tes Seleksi: 13 – 14 Maret 2021

Pengumuman: 17 Maret 2021

CP: 082320072018/ 087786111918

—————————————————————

Instagram: mualliminjogja
Youtube: muallimin jogja

Facebook : muallimin muhammadiyah yogyakarta
Fanspage: Muallimin Muallimaat Jogja

(More Info : http://bit.ly/mualliminjogja )

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru