motivasi pendidikan oleh Bapak Muhammad Suyuti M.Ed Ph.D

Rabu 2 Januari 2019

Forum bulanan guru ini dihadiridan diisi oleh Bapak Muhammad Sayuti Ph.D beliau menyempatkan datang untuk memberikan motivasi kepada para guru agar lebih kreatif dalam mengajar. Dalam pemaparan singkatnya beliau menjelaskan arti penting dari sebuah pendidikan adalah bagaimana meningkatan mutu guru dan juga siswa yang tidak hanya sekadar menjawab pertanyaan tapi setelah itu melupakan materi yang telah diajarkan. Negara kita ini masih fokus hanya kepada soal –soal yang harus dijawab oleh siswa padahal inti dari pendidikan bukanlah itu melainkan bagaimana siswa itu merasa berkesan akan arti pembelajaran dan dapat menerapkan pembelajaran di luar kelas atau lingkungan.

Pendidikan yang berkualitas bergantung pada banyaknya kualitas jajaran pendidikannya yang diberikan oleh  yang memberikan kebebasan penuh dalam meramu kurikulum dan menentukan metode yang paling efektif untuk meteri pembelajaran dan pengajaran.

Salah satu contoh negara yang beliau paparkan mengenai sistem pendidikan adlah Negara Finlandia. Sistem pendidikan di Finlandia tidak memberlakukan pemeringkatan institusi pendidikan dan merupakan sistem inklusif dimana semua siswa dianggap setara dalam haknya untuk mendapatkan pendidikan. 

Di Finlandia, mereka berfokus pada pengoptimalisasi kemampuan individu siswa. Mereka memastikan melalui kerangka Pembinaan dan Konseling yang bertujuan untuk mendukung, membantu, dan memina murid agar mencapai kemampuan terbaiknya secara akademis maupun keterampilan hidup atau berjangka panjang.

Guru harus memiliki kualitas tinggi “digugu dan ditiru” bukan hanya sekadar menjelaskan materi tapi lebih dari itu, guru harus memberikan arti penting pendidikan, arti penting kehidupan dan arti penting kedisiplinan dan rasa tanggung jawab terhadap siswa. Guru harus memiliki alternatif lain pembelajaran agar siswa mendapat kesan yang lebih akan arti penting tersebut.

Leave a comment