Wisata Kampung Muhammadiyah, Menelusuri Jejak Perjuangan Kyai Dahlan

IMG_8678

Dalam rangka  mewariskan semangat perjuangan KH Ahmad Dahlan dan para pahlawan pendahulu Muhammadiyah, Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta menggelar acara ‘Wisata Kampung Muhammadiyah’ untuk siswa baru 2016. Rabu, 27/7/2016. Secara garis besar bentuk kegiatan ini adalah mengunjungi situs yang menjadi saksi sejarah perjalanan hidup sang tokoh dengan memberi paparan dan dialog kepada seluruh peserta.

Dalam sambutan pelepasan pemberangkatan Wakil Direktur 2 ustadz Muhammad Alfian Ja’far, M.H.I. menyampaikan,” Anak – anakku buktikan bahwa kita adalah kader persyarikatan yang dapat menjadi contoh sekolah lain dengan tertib mengikuti seluruh aturan dari kakak kelas selama perjalanan nanti ”. Dengan penuh seksama para santri memperhatikan kalimat dan arahan dari panitia.

IMG_8763

Dengan pengawalan tim Palang Merah Remaja Mu’allimin, personal Ikatan Pelajar Muhammadiyah   (IPM) Mu’allimin dan Kokam Wirobrajan rombongan yang dibagi menurut kelas meluncur ke Komplek Masjid Gedhe Kauman sebagai tempat pertama yang dkunjungi. Setelah kuliah umum yang disampaikan bapak Gatot di serambi dan bangunan dalam masjid, rombongan dibagi menjadi tiga kelompok besar untuk menelusuri Kauman dengan tujuan makam Nyai Ahmad Dahlan, Langgar Kidul, Pendopo Muhammadiyah, Ndalem Pangulon dan lain-lain.

Perjalanan selanjutnya adalah Karangkajen disana terdapat makam pendiri dan pimpinan-pimpinan Muhammadiyah diantaranya : KH. Ahmad Dahlan, KH. Ibrohim, KH. AR. Fahruddin dan lain lain . Di depan masjid Jami’ Karangkajen terdapat rumah keluarga KH. Muhammad Azhar Basyir (salah seorang ketua umum PP Muhammadiyah tahun 1990-an) dan TK ABA Karangkajen (Pusat kegiatan Muhammadiyah).(mar)

Leave a comment