Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Orang Islam sejati adalah yang tetap berdiri pada tempat yang benar meskipun dunia dalam keadaan kacau.

K. H. Ahmad Dahlan – Pendiri Muhammadiyah & Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta

Kompetensi Lulusan


Kurikulum yang digunakan dalam proses pembelajarannya tersebut diharapkan dapat melahirkan lulusan yang memiliki beberapa kompetensi sebagai berikut:

  1. Kompetensi Dasar Keilmuan; yaitu sejumlah kemampuan dasar keilmuan untuk mengasah kualitas akademik dan intelektual santri dengan ilmu keislaman yang memadukan antara ilmu agama dan ilmu umum, baik wawasan teoritik maupun wawasan praktik.
  2. Kompetensi Dasar Kepribadian; yaitu keadaan tertentu yang melekat secara kuat pada kepribadian setiap lulusanyang sekaligus menjadi tolak ukur jati-diri mereka setelah menyelesaikan pendidikan di Mu’allimin. Adapun yang bersifat pokok dari kompetensi ini antara lain ketakwaan, keimanan, keikhlasan, kesalehan, kesungguhan, kemandirian, dan keteladanan yang semua itu melandasi sosok kepribadian yang memiliki komitmen tinggi terhadap amar ma’ruf nahi mungkar.
  3. Kompetensi Dasar Kecakapan; yaiitu sejumlah kecakapan dasar yang diperlukan bagi terbentuknya kualifikasi sosok lulusan yang diinginkan. Kompetensi dasar kecakapan meliputi keterampilan-keterampilan pokok yang dalam batas minimal dibutuhkan sebagai penunjang utama bagi terbentuknya kemampuan sebagai pemimpin, ulama, mubaligh, dan guru.
  4. Kompetensi Sosial Kemanusiaan; yaitu sejumlah kemampuan dasar lulusan Madrasah Mu‘allimin Muhammadiyah untuk dapat mengaktualisasikan diri di bidang sosial kemanusiaan. Dengan kompetensi ini abiturien Madrasah memiliki kepekaan dan kepedulian sosial, mampu merasakan denyut nadi kehidupan masyarakat dan melakukan pendidikan sosial dan aksi amal dalam konteks dakwah bil-hâl sehingga mampu hidup dan berkembang di tengah-tengah masyarakat.
  5. Kompetensi Gerakan; yaitu kemampuan dasar lulusan Madrasah Mu‘allimaat Muhammadiyah dalam memerankan diri secara khusus sebagai pelaku gerakan Muhammadiyah, sehingga siswa (santri) Madrasah Mu‘allimin Muhammadiyah setelah lulus mampu berintegrasi langsung menjadi penggerak misi dan kegiatan Muhammadiyah di mana pun mereka berada.

Mu’allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2022/2023

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2022/2023 dibuka pada tanggal 11 September sampai dengan 4 November 2021.

© 2021 Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta

Open chat