Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Mu’allimin Raih Gold & Silver Award Science Inovation dalam Kegiatan International Scout Camp 2024 di Thailand

Oleh Ahmad Tino

28 August 2024

'}}

Mu’allimin, Songkhla - Jumat, (23/08), tim Mu'allimin  mendapatkan penghargaan Gold award dan Silver award dalam kompetisi science inovation. Tim yang terdiri dari 5 siswa ini mengusung tema kelestarian lingkungan dengan mengulik topik pengelolaan limbah sebagai upaya penanganan pencemaran lingkungan akibat limbah. Tim inovasi menawarkan solusi penanganan cemaran limbah anorganik dengan pembuatan ecobrick, sementara limbah organik dapat diolah dengan bantuan budidaya Maggot Black Soldier Fly (BSF) Sebagai negara berkembang, topik ini menarik untuk dibahas karena ide inovatif sekaligus meningkatkan nilai tambah dari limbah.

Ecobrick ditampilkan dalam presentasi limbah anorganik, berdampingan dengan partisi dari botol gelas minuman bekas untuk tirai hiasan. Penjurian dengan pemaparan singkat, penampilan model, dan tanya jawab. Diskusi dengan tim juri berlangsung dengan singkat namun tetap menarik dan interaktif. Inovasi ini tergolong baru di Thailand, terutama inovasi budidaya maggot. Harapannya, ide yang diusung dapat diterapkan di lokasi setempat dengan modifikasi.

Presentasi dilaksanakan pada kamis (2408), dan diikuti oleh 24 tim inovasi. Kompetisi ini berlangsung dalam program International Scout Camp yang diikuti oleh berbagai sekolah dari negara Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Program tersebut berlokasi di Sangkhom Islam Wittaya School, Sadao District, Songkhla, Thailand. (HA)

Mu'allimin dalam angka


Mendidik Sejak

0
0

Tahun Berdiri

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2025/2026

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2025/2026 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 29 Oktober 2024.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta