Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Lomba Penulisan Naskah Khutbah bertema Sains 2023

Oleh Ahmad Tino

31 Desember 2023

Siswa Kelas Trensains (Pesantren Sains) Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta adalah siswa kelas khusus yang diberikan tempaan lebih dalam mendalami keilmuan di bidang sains yang sekaligus mempunyai karakteristik Qur’anic yaitu mempunyai interaksi kuat dan berkualitas dengan Al-Qur’an.

Sehingga basis keilmuan di bidang Filsafat, bahasa Arab, bahasa Inggris, dan literasi keagamaan yang mendalam adalah kebutuhan pokok bagi para siswa kelas Trensains untuk terus di-upgrade. Melalui berbagai program pengembangan diri yang dilaksanakan oleh Madrasah baik studi ilmiah, studi lapangan, seminar atau kuliuah umum, serta kegiatan pengembangan literasi diharapkan siswa kelas Trensains terus bertumbuh keilmuannya.

Pada tahun 2023 ini, siswa kelas Trensains baik kelas X dan Kelas XI diadakan perlombaan penulisan naskah Khutbah yang bertema Sains. Diantara tujuan pokoknya adalah menguji kapasitas keilmuan siswa di bidang sains agar mampu dituangkan dalam sebuah naskah keagamaan yang konstruktif dan inspiratif untuk disampaikan kepada umat, sehingga umat muslim semakin kokoh dimensi tauhidnya yang disentuh dari sisi kecintaannya pada alam semesta dengan penalaran yang benar.

Selanjutnya dipilih enam naskah terbaik untuk kemudian mendapatkan apresiasi positif dari madrasah yang terdiri dari tiga siswa kelas X dan tiga siswa dari kelas XI.

Kelas X

  • Muhammad Tahta Al-Kautsar - Islam sebagai Pedoman bagi Sains
  • Muhammad Hanif Ibrahim - Akal, sebagai Karunia Terbesar Allah bagi Manusia
  • Diva Mirza Shidqi - Air dan Kehidupan

Kelas XI

  • Ghazy  Zaky Ar-Rifa'i  - Pengaruh Ilmuan Muslim terhadap Kemajuan Ilmu Pengetahuan
  • Moh. Wildan Rachman - Puasa untuk Duniawai?
  • Galang Yoga Adiatma - Eksistensi Sains berdasarkan Perspektif Agama

Semoga kegiatan tersebut menambah semangat sekaligus motivasi bagi siswa dalam peneguhan khittah sebagai siswa kelas Trensains dalam memperdalam keilmuan dan hujjah serta meluaskan kemanfaatan melalui dakwah-dakwah yang kreatif, bermakna, lagi berdampak.

Berikut bagi yang hendak mengunduh enam naskah khutbah terbaik untuk menjadi referensi.

- ZJM

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta