Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Sosialisasi Bank Sampah Wujudkan Santri Peduli Lingkungan

Oleh Ahmad Tino

13 September 2023

Mu’allimin Yogyakarta - Pada Jum’at, (08/09/2023), waktu ba’da maghrib, dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Bank Sampah yang diikuti oleh seluruh santri asrama Sedayu Kampus Terpadu Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, mulai dari kelas 1 sampai 4.

Program Bank Sampah ini diinisiasi oleh ummahat (istri-istri asatidz) dan bekerjasama dengan Student of Mu’allimin Medical Team (SUMMIT) dan melibatkan relawan yang berasal dari santri-santri asrama Sedayu. Program ini memiliki perhatian menyangkut urusan pengelolaan sampah, daur ulang sampah, dan hal-hal berkaitan dengan sampah.

Kegiatan sosialisasi ini diisi oleh relawan Bank Sampah dari santri kelas 4, dengan 2 presentator. Presentasi pertama diisi oleh Kak Banyu Bening Ahsanitaqwim, dalam presentasinya, Kak Banyu menekankan bahaya sampah bagi lingkungan dan bagaimana sampah dapat mengganggu ekosistem, ia juga menjelaskan bagaimana kebutuhan manusia akan benda-benda sekali pakai seperti plastik dan kertas yang dalam prosesnya sangat mengancam habitat hewan-hewan liar dan memberi sumbangsih bagi meningkatnya polusi udara.

Presentasi ke-2 dibawakan oleh Kak Fabian Fath Anarda, disini barulah dijelaskan program kerja dan mekanisme Bank Sampah. Kak Fabian menerangkan bahwa nantinya sampah-sampah yang bisa didaur ulang seperti botol-botol bekas dan sampah lainnya bisa disetorkan ke Bank Sampah dan penyetornya akan mendapatkan reward berupa uang tunai tergantung dengan seberapa banyak ia menyetorkan sampah-sampah tersebut. Program ini juga akan memberikan reward bagi kelas yang paling berkontribusi dalam pengumpulan sampah.

Menurut saya pribadi, program Bank Sampah ini sangat amat bagus, mengingat buruknya pengelolaan sampah di Muallimin, yang mana sampah-sampah masih banyak yang tercampur antara organik dan non-organik. Dengan adanya Bank Sampah ini, diharapkan konsentrasi sampah di Mu’allimin, Asrama Sedayu khususnya, berkurang dijenis sampah non-organik yang bisa di daur ulang. Sehingga kedepannya diharapkan pengelolaan sampah di Mu’allimin bisa menuju kearah yang lebih baik. Dengan adanya program Bank Sampah ini diharapkan bisa memudahkan pengelolaan sampah di Mu’allimin agar segera terwujud.

Program Bank Sampah ini juga mendapat sambutan yang baik dalam artian tidak ada pihak yang bereaksi negatif terhadap program ini terutama dari santri-santri asrama Sedayu Kampus Terpadu Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Semoga program Bank Sampah ini bisa memberi dampak positif bagi Mu’allimin dan bagi lingkungan, aamiin.

Penulis : Tangguh Yodha Arzugadhi

Editor : Danu Rahman Wibowo

Copyright Lembaga Pers Mu’allimin 2023

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta