Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

KELAS TRENSAINS MU’ALLIMIN KUNJUNGAN ILMIAH KE KAMPUS ITS SURABAYA

Oleh Ahmad Tino

2 September 2023

Mu’allimin, Surabaya - Kegiatan rutin Trensains di tiap tahunnya bagi kelas X adalah kunjungan ilmiah ke kampus ITS Surabaya, sebelum sorenya melakukan pengamatan kemunculan Bulan Purnama di pantai Kenjeran tepatnya SD Bahari Muhammadiyah 9 Surabaya.

Kegiatan kunjungan diikuti oleh 329 santri dan 24 guru pendamping dari tiga Lembaga Pendidikan yang berbeda, yaitu: 106 santri dan 9 pendamping SMA Trensains Muhammadiyah Sragen, 191 santri dan 12 pendamping SMA Trensains Tebuireng Jombang, serta 32 santri dan 3 pendamping dari kelas Trensains MA Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta.

Para santri dan pendamping diterima langsung oleh Dekan Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) Prof. Hamzah Fanshuri di gedung Menara Sains lantai 10 kampus ITS. Para santri diberikan sambutan, bekal, dan wawasan terkait departemen yang ada di FSAD. Sebelumnya, Prof. Agus Purwanto (Gus Pur) selaku guru besar fisika ITS sekaligus kreator Trensains memberikan sambutan kehangatan dan semangat atas kedatangan para santri baik di luar gedung maupun di dalam gedung.

Selanjutnya para santri dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk mengunjungi laboratorium Fisika, laboratorium Kimia, dan laboratorium Aktuaria. Santri Mu’allimin berjumlah 32 orang terbagi ke dalam laboratorium Fisika 12 santri dengan pendamping Ust. Roihan Yahya, 10 santri ke laboratorium Aktuaria dengan pendamping Ust. Arif Alfatah, dan 10 santri ke laboratorium Kimia dengan pendamping Ust. Zulfi Jalal Muhsin.

Selain itu, hadir turut mendampingi para santri adalah alumni Trensains Mu’allimin yang kuliah di Surabaya yaitu Mas Ariq Ahnafalah dan Mas Ismayahya. Kedatangan beliau berdua memberikan semangat tersendiri bagi santri Mu’allimin yang mengikuti kegiatan kunjungan. “Siswa banyak mendapatkan informasi, wawasan, dan pengetahuan selama kunjungan serta sangat bersemangat untuk bertanya dan mengetahui tentang hal-hal yang baru dijumpainya”, tutur Ust. Arif Alfatah selaku koordinator urusan Trensains Mu’allimin ketika memberikan keterangan kegiatan tersebut.

Oleh: Arif Alfatah, S.Pd.Si, M.Sc

Kampus ITS-Sukolilo

Kamis Wage, 15 Shafar 1445 H – 31 Agustus 2023 M

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta