Bupati Lombok Barat dan Forum Kerjasama Pondok Pesantren Lombok Barat Kunjungi Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta

Oleh Ahmad Tino

3 Agustus 2023

Mu'allimin Yogyakarta - Dalam rangka studi tiru terhadap beberapa pondok pesantren yang ada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Forum Kerjasama Pondok Pesantren Kabupaten Lombok Barat beserta Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, S.Ag., M.Si mengunjungi Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta pada Rabu, (02/08) di Kampus Induk Mu'allimin Muhammadiyah yang berada di Patangpuluhan Wirobrajan Yogyakarta.

Kedatangan rombongan asal Lombok Barat tersebut disambut dengan hangat dan meriah oleh jajaran Pimpinan Madrasah, Guru, dan Siswa dengan menampilkan aneka keterampilan siswa mulai dari seni beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah, Hizbul Wathan, dan kelompok Marchingband PGT Mu'allimin.

Tamu yang berasal dari Lombok Barat itu terdiri dari pimpinan pondok pesantren diantaranya Kyai, Tuan Guru, Ustaz, Ketua MUI Lombok Barat, Perwakilan Baznas Lombok Barat dan Perwakilan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat.

Dalam sambutannya, ketua rombongan FKSPP Drs. TGH. M. Nafsin Khalily menyampaikan terima kasih atas penyambutan yang meriah yang dilakukan oleh Jajaran pimpinan dan para siswa Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. TGH Nafsin juga menyampaikan jika Mu’allimin dipilih menjadi salah satu destinasi dalam rangka study tiru dikarenakan merupakan salah satu pondok pesantren Muhammadiyah yang bersejarah tertua di Yogyakarta dan memilki manajemen pengelolaan yang baik. “Kami disini ingin sama-sama belajar dengan Mu’allimin dikarenakan ditempat kami mungkin masih ada hal yang dirasa perlu ditambah pengetahuannya yang berkaitan dengan bagaimana cara pengelolaan asrama, penerapan habituasi dan penerapan kurikulum yang digunakan oleh Mu’allimin, oleh karena itu ini merupakan moment yang tepat untuk mendapatkan informasi-informasi yang kami butuhkan” ujar TGH. Nafsin.

Sementara itu, dalam sambutannya Ust. H. Aly Aulia, Lc., M.Hum selaku Direktur Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Lombok Barat dan Rombongan FKSPP karena sudah meluangkan waktunya untuk berkunjung ke Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah. “Alhamdulillah, kami haturkan terima kasih kepada Bapak Bupati dan Jajaran Rombongan dari FKSPP Kab. Lombok Barat yang pada hari ini telah berkenan berkunjungn ke Madrasah kami, tentunya silaturahmi ini nantinya berkesinambungan terhadap program-program yang ada di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah” pungkas Aly Aulia.

Foto Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid, S.Ag saat memeberikan sambutan

Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, S.Ag., M.Si dalam sambutannya menyampaikan jika kunjungan ke Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta ini merupakan kunjungan yang baik karena disetiap tahunnya pihaknya harus mendapatkan penyegaran dari ide-ide yang dilakukan pondok pesantren di Daerah lain untuk memperbaiki atau menambah sesuatu yang kurang. “Ini merupakan kegiatan kesering kalinya yang dilakukan FKSPP Bersama Pemerintah Kab. Lombok Barat disetiap tahunnya untuk mengunjungi beberapa pondok pesantren  yang ada diluar wilayah Lombok pada khusunya untuk belajar atau bahkan meniru hal positif yang sudah dilakukan agar kitab isa terapkan di Daerah kami” pungkas Fauzan Khalid.

Fauzan Khalid juga berharap silaturahmi yang dijalan ini ada tindak lanjut yang dapat memberikan kebermanfaatan bagi kedua belah pihak. “Kami berharap adanya silaturahmi ini mampu memberikan tindak lanjut atau kerjasama kedepannya untuk kemajuan Bersama, bisa jadi kedepannya ada pertukaran Ustaz atau pendidiknya selama kurun waktu 6 bulan atau pertukaran santri, saya yakin hal seperti ini sangat penting dan akan sangat banyak manfaatnya” pungkas Bupati Lombok Barat.

“Kami juga berharap dengan menjalin kerjasama antar pondok pesantren dapat menambah jejaring relasi untuk generasi selanjutnya dalam menjalankan Dakwah agama Islam, oleh karena itu kami berharap pertemuan ini menjadi titik awal komunikasi yang nantinya bersifat personal antar pondok pesantren dalam rangka mengembangkan pondok pesantrennya” imbuh Fauzan Khalid.

Kegiatan yang berlangsung hingga sore itu dilanjutkan dengan sesi diskusi tanya jawab antara beberapa pimpinan pondok pesantren asal Lombok Barat dengan pimpinan Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah. Menurut ketua rombongan Drs. TGH. M. Nafsin Khalily rombongan FKSPP Lombok Barat akan melanjutkan kegiatan hingga Jum’at, (04/08) di beberapa tempat yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.