Sekolah Calon Ulama, Pendidik, & Pemimpin Pendidikan 6 Tahun

EN / GB

Semarak Sambut Ramadhan, Mu’allimin Gelar Upacara Song-song Ramadhan, Pelepasan Mubalig Hijrah dan Pengajian Tarhib Ramadhan 1444 H

Oleh Ahmad Tino

21 Maret 2023

Mu'allimin Yogyakarta - Senin, (20/3) menjadi hari terakhir kegiatan siswa di Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah sebelum sebagian siswa mengikuti kegiatan Ramadhan diluar dan perpulangan.

Seluruh civitas academica berkumpul di lapangan tengah Kampus Induk dan Kampus Terpadu Mu'allimin guna mengikuti upacara song-song Ramadhan dan pelepasan siswa yang akan mengikuti Mubalig Hijrah.

Mubalig Hijrah pada tahun 2023 atau Ramadhan 1444 Hijriyah diadakan di beberapa provinsi yang ada di Indonesia dan Luar Negeri diantaranya Malaysia, Thailand, dan Taiwan.

Setiap tahunnya, Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah mengirimkan lebih dari 500 siswa yang disebar di dalam dan luar Negeri untuk mengikuti Mubalig Hijrah Ramadhan.

Bulan Ramadhan di Mu'allimin merupakan moment seluruh civitas academica untuk mengupgrade skill dan kinerja. Jika seluruh siswa disibukkan dengan kegiatan Ramadhan, seluruh pendidik dan kependidikan juga dijadwalkan akan menjadikan ramadhannya lebih produktif dengan peningkatan mutu kualitas tenaga pendidik dan kependidikan melalui workshop-workshop yang sudah dirancang, antara lain pelatihan mensholatkan jenazah, pelatihan menguburkan jenazah, pelatihan microsoft office, pelatihan bahasa Arab dan pelatihan bahasa Inggris.

Dalam amanat Direktur yang disampaikan saat upacara Songsong Ramadhan dan Pelepasan Mubalig Hijrah, H Aly Aulia Lc MHum menyampaikan jika bulan Ramadhan merupakan moment untuk meningkatkan Kualitas diri pada seluruh civitas (guru, karyawan dan siswa). "Jangan jadikan alasan untuk bermalas-malasan pada bulan Ramadhan, manfaatkan bulan Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya, selain mempertebal Iman kita, kita juga harus meningkatkan kemampuan yang kita miliki dengan terus belajar dan mengasah diri baik dengan workshop dan pelatihan yang diadakan di Internal Madrasah dan memberikan manfaat kepada masyarakat dengan menjadi penceramah dan imam pada masing-masing Masjid sesuai anda berada" pungkas Direktur Mu'allimin.

Menariknya, pada pelepasan Mubalig Hijrah tahun ini, turut hadir 6 siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo sebagai peserta Mubalig Hijrah yang akan ditempatkan di Daerah Istimewa Yogyakarta, hal ini dilakukan pasca penandatanganan kerjasama antara Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta dengan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo pada Februari 2023 yang lalu.

Adanya program-program menarik yang di inisiasi Mu'allimin menarik perhatian dan keinginan sekolah lain untuk mengaplikasikan program-program menarik tersebut pada institusi pendidikannya.

Mu'allimin di Instagram


Mu'allimin dalam angka


0

Tahun Berdiri

0

Pahlawan Nasional

0

Jumlah Pelajar

0

Komunitas Siswa

Informasi PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 Gelombang 1 masih dibuka sampai dengan 10 November 2023.

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

© 2021 Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta